MARKET BASKET ANALYSIS PADA PERUSAHAAN RETAIL MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DAN SALES FORECASTING

Nursanti Irliana, Vensy Vydia

Abstract


Sebuah Perusahaan retail biasanya memberikan sistem “time service”,atau waktu diskon khusus untuk menarik pelanggan. Salah satu time service adalah promosi penjualan khusus Sabtu Minggu, dimana perusahaan retail memberikan tarif diskon khusus untuk produk-produk tertentu yang dibutuhkan oleh pelanggan tipe tertentu. Produk-produk yang terpilih dalam promosi ini harus tepat,sesuai kebutuhan pelanggan dan dipilih melalui perhitungan berdasarkan tren penjualan dan perkiraan penjualan yang benar.

Produk-produk yang akan dipromosikan harus dipilih berdasarkan metode yang menggambarkan kebutuhan pelanggan berdasar trenpenjualan. Sehubungan dengan hal ini, Algoritma Apriori dipilih untuk perhitungan ini.

Dan setelah proses pemilihan produk selesai, perkiraan penjualn dilakukan dengan menganalisa tren penjualan, tren profit dan perencanaan penjualan.

Keywords


Algoritma Apriori; Perencanaan Penjualan; Seleksi Produk



DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v11i1.92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Jurnal Tr@nsForMat!ka

| View My Stats |

Transformatika : Journal Information Technology by Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.