Klasifikasi Data Trafik Internet Menggunakan Metode Bayes Network (Studi Kasus Jaringan Internet Universitas Semarang)

Rastri Prathivi

Abstract


Pemakaian internet merupakan kebutuhan yang penting yang mendukung kinerja dan aktivitas di kampus. Bagian yang terpenting dari infrastrutur internet yang difasilitasi oleh kampus adalah tersedianya bandwidth yang cukup untuk kelancaran trafik data melalui internet. Metode klasifikasi menggunakan Bayes Network ini memanfaatkan metode klasifikasi yang dimiliki oleh data mining untuk diterapkan pada data trafik jaringan internet.

Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi data pemakaian internet sehingga dari klasifikasi tersebut dapat diketahui destination network, protocol dan lebar bandwidth yang banyak diakses pada waktu tertentu.

Data trafik internet diambil melalui software Wireshark. Sedangkan pengolahan data dan proses pengklasifikasian data trafik internet diolah dengan Weka

Keywords


Bayes Network; Klasifikasi; Trafik



DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v12i2.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Tr@nsForMat!ka

| View My Stats |

Transformatika : Journal Information Technology by Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.