Virtualisasi Server Sederhana Menggunakan Proxmox

Teguh Prasandy, Whisnumurti Adhiwibowo

Abstract


Server merupakan bagian paling penting dalam sebuah jaringan karena server merupakan pusat dari berbagai data dan aplikasi. Menurut Bayu, dkk (2010) server bertugas melayani setiap kebutuhan. Server saat ini paling banyak sebagai web server karena pada server tersebut berisi aplikasi web dan database, serta digunakan untuk melayani aplikasi dari klien yang diakses melaui browser.
Tujuan dari penelitian ini ialah Mengetahui penggunaan proxmox pada server dan Mengetahui ip routing pada virtual mahine supaya terkoneksi dengan internet.
Virtualisasi server merupakan sebuah cara untuk menghemat biaya dalam membangun sebuah server. Sebab dengan menggunakan virtual server biaya yang seharusnya untuk membeli hardaware yang lain dapat dikurangi. Walaupun dengan hardware yang rendah dan murah kinerja server tetap baik dan memiliki performa tinggi. Tidak hanya satu sistem operasi saja proxmox dalam sebuah proxmox dapat diinstall beberapa sistem operasi baik yang upload sendiri maupun yang telah disediakan oleh proxmox dalam template OS.
Sistem operasi yang berjalan di dalam virtual mesin di dalam proxmox berjalan lambat, sebab memerlukan aplikasi berbasis java atau java virtual machinpada browser terutama browser firefox, sekalipun menggunakan mode non vnc yang tanpa membutuhkan java virtual machine.
Penggunaan proxmox sebagai virtual server bahwa proxmox menyediakan sebuah desktop local dan beberapa node. Di dalam node tersebut sistem operasi akan diinstal sesuai dengan kebutuhan dari user. Routing IP supaya sistem operasi yang berada di dalam proxmox dapat terkoneksi ke internet dengan IP Desktop Virtual box 192.168.56.102 IP ini digunakan sebagai gateway proxmox dan sistem operasi di dalamnya, IP Proxmox 192.168.56.105, IP Linux Ubuntu 192.168.56.109, IP Linux Debian 192.168.56.108.


Keywords


virtualisasi server; proxmox



DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v12i2.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Tr@nsForMat!ka

| View My Stats |

Transformatika : Journal Information Technology by Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.