KERNEL-BASED VIRTUAL MACHINE UNTUK VIRTUALISASI DATABASE SEBAGAI SOLUSI KEBUTUHAN PERANGKAT KERAS STUDI KASUS IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI KLINIK KECANTIKAN

Whisnumurti Adhiwibowo

Abstract


Pembangunan sistem informasi, banyak dibutuhkan bagi perusahan-perusahan yang berorientasi kepada bisnis terutama perusahaan yang mengutamakan pelayanan. Klinik kecantikan merupakan salah satu bisnis yang berfokus kepada pelayanan dan jasa. Kebutuhan sistem informasi merupakan hal yang sulit untuk dihindari, karena pelayanan yang prima dan optimal merupakan salah satu modal utama dalam bisnis kecantikan. Salah satu kendala yang muncul dalam pembangunan sistem informasi klinik kecantikan adalah saat dilakukannya implementasi sistem informasi baru yang diikuti dengan minimnya dana untuk pengadaan peralatan atau perangkat keras baru. Keterbatasan dana dalam pengadaan perangkat keras menjadikan implementasi sistem informasi baru akan terkendala. Ada berbagai cara untuk mengatasi kendala minimnya perangkat keras seperti melakukan sewa perangkat keras server, sewa virtual server beserta koneksi internetnya atau melakukan penghematan anggaran adalah melakukan virtualisasi komputer server.

Keywords


Virtualization; Virtual Machine; KVM; Beauty Clinic



DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v10i2.74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Jurnal Tr@nsForMat!ka

| View My Stats |

Transformatika : Journal Information Technology by Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.