DESAIN SISTEM ORDERING SEBAGAI ALAT BANTU PENENTU ANGKA REORDER BERDASARKAN SALES TREND DAN MINIMUM ORDER QUANTITY PADA PERUSAHAAN RETAIL

Nursanti Irliana, Vensy Vydia

Abstract


Untuk menghindari hilangnya penjualan dan menjamin safety stock di perusahaan ritel, kita perlu suatu metode untuk menghitung, kapan harus menyusun ulang. Ada beberapa metode untuk menghitung dan memutuskan kapan pengecer harus menyusun ulang dan berapa banyak yang akan dipesan. Salah satu metode tersebut adalah Reorder Point. Reorder adalah titik saat barang harus dipesan. Dan setelah ini pemesanan kembali dihitung, pengecer harus menghitung, berapa banyak unit yang akan dipesan. Dengan perhitungan yang tepat sehingga kedatangan baik akan tepat waktu. Seperti kuantitas minimum order dan lead time. Juga, harus sesuai dengan kondisi internal, seperti jumlah stok terakhir dan tren penjualan dalam periode tertentu.
Sejalan dengan kondisi ini, penulis akan merancang sebuah sistem untuk proses menyusun ulang, menggunakan metode prototype dan pemrograman Visual FoxPro.

Keywords


Reorder point; sales trend; prototype



DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v10i2.73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Jurnal Tr@nsForMat!ka

| View My Stats |

Transformatika : Journal Information Technology by Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.