PENGEMBANGAN RADIO ONLINE SEBAGAI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK PENGEMBANGAN POTENSI MAHASISWA DILINGKUNGAN USM

Henny Indriyawati, Mohammad Sani Suprayogi

Abstract


Dengan  pesatnya perkembangan  teknologi dan  komunikasi, diketahui  teknologi yang disebut  sebagai  teknologi streaming  yang memungkinkan  untuk  mendistribusikan  data audio  besar atau  video secara real time  melalui Internet.  Jika di  radio konvensional, sinyal  ditransmisikan dan  dipancarkan melalui  FM /  AM  radio,  radio  streaming,  sinyal ditransmisikan  melalui internet danditangkap oleh  komputer.  Radio  Streaming  sering disebut  sebagai  Radio  Online,  karena proses  tidak menggunakan  transmisisiaran  dari  sinyal  radio melalui  frekuensi,  tetapi menggunakan  data audio  yang  dikirim menggunakan  jalur  internet.  Pendengar radio  online tidak  dapat mendengarkan radio  ini dengan menggunakan  radio konvensional, tapi harus menggunakan  perangkat elektronik yang  terhubung  ke Internet,  seperti komputer dan  laptop yang  sudah dilengkapi dengan  peralatan multimedia.Persyaratan lain  yang dibutuhkan oleh  pendengar  dimiliki  bandwidth internet.  Menurut pengalaman, koneksi  Speedy  dengan bandwidth  384kbps  sudah cukup untuk  mendengarkan siaran  radio online  dengan nyaman.  Tentu saja, jika  ia memiliki  bandwidth yang  lebih dari  384  kbps, maka akan  mendapatkan  hasil yang lebih baik.  Penelitian ini  akan menampilkan  desain  trasmitter  radio online  yang tidak memerlukan  perangkat yang sangat  mahal, tetapi  hanya membutuhkan  satu set server  dan bandwidth  melalui koneksi  FO  (Fiber  Optic) di  Universitas  Semarang.  Perlu  biaya rendah  diinvestasikan untuk  membangun sebuah  radio  online menggunakan  FO.  Dari sudut  pandang  pendengar, mereka dapat mengambil  keuntungan dari lingkungan  Universitas  Semarangdengan menggunakan  koneksi  FO  (Fiber  Optic) yang dihubungkan  antara gedung-gedung  di Universitas  Semarang.

Keywords


radio streaming; internet radio; Universitas Semarang



DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v9i1.56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


| View My Stats |

Jurnal Transformatika : Journal Information Technology  by  Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University  is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.