MEMBANGUN ALAT BANTU AJAR PEMBELAJARAN PERAKITAN PC BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN PENDEKATAN TUTORIAL

April Firman Daru

Abstract


Model pembelajaran berbasis komputer adalah penggerak yang unggul untuk membantu siswa belajar melakukan tugas-tugas secara mandiri maupun secara kelompok, menggunakan sumber-sumber dari dunia maya maupun lokal dalam menambah wawasan berpikir siswa. Pembelajaran dengan sistem berbantuan komputer efektif dan menguntungkan sebagai model pembelajaran mandiri.

Berbagai jenis aplikasi teknologi berbasis komputer dalam pengajaran urnumnya dikenal dengan Computer-Assisted Instruction (CAI) atau pengajaran dengan bantuan komputer. Salah satu model dan CAI ini adalah tutorial, yaitu suatu program pengajaran yang mengikuti sistem tutor yang dilakukan oleh pengajar atau instruktur.

Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan media pengajaran berbasis multimedia dengan pendekatan tutorial yang dapat digunakan oleh guru untuk membuat siswa memahami bahan ajar. Salah satunya adalah PC subjek Perakitan. Ini memberikan kebebasan dan fleksibilitas bagi mereka untuk memahaminya. PC perakitan media pembelajaran dengan basis multimedia adalah media pengajaran dalam proses belajar mengajar.

Laporan ini akan memaparkan tahapan-tahapan  proses analisa sistem pembelajaran berbasis teknologi multimedia yang menggunakan metode Rekayasa Sistem Berbasis Komputer dengan strategi pengembangan Instructional Multimedia Design berdasarkan metode Rekayasa Sistem berbasis Komputerberdasarkan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak (Software Engineering) melalui tahapan pengembangan yang terdiri dari Planning, Analizing, design, Implementation, Testing and Evaluation.


Keywords


Teaching Medium with Multimedia Basis; PC Assembling; Tutorial



DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v8i1.44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2010 Jurnal Tr@nsForMat!ka

| View My Stats |

Transformatika : Journal Information Technology by Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.