STUDI TERHADAP MAHASISWA USM UNTUK MELIHAT DAMPAK NEGATIF MEROKOK DENGAN MENGGUNAKAN SPSS 12

Vensy Vydia

Abstract


Sering kali, apabila pada situasi menuntut kita untuk mengambil tindakan keputusan, kita harus memutuskan untuk memilih satu dari dua atau lebih alternatif tindakan yang dapat diambil. Pilihan akan sederhana jika setiap tindakan hanya memiliki satu konsekuensi dan konsekuensi tersebut diketahui secara pasti, sehingga pengambilan keputusan memilih tindakan yang memiliki konsekuensi paling sesuai dengan keinginan kita. Dengan kata lain, pengambilan keputusan cenderung pada kemungkinan-kemungkinan yang memiliki konsekuensi akan terjadi.

Adalah suatu aturan tertentu untuk mengambil keputusan dengan menggambarkan proses yang digunakan untuk memilih suatu tindakan sebagai cara pememcahan masalah yang disebut dengan sistem pendukung pengambilan keputusan atau decision support system. Sedangkan statistik merupakan suatu teknik pengumpulan hasil analisa yang didapat dari observasi dan lain dari sampel yang ada. Jadi pengambilan keputusan jika dilihat dari sudut pandang teori pengambilan keputusan secara statistik, adalah suatu situasi pengambilan keputusan pada kondisi tidak pasti, yang dinyatakan dalam bentuk tabel, diagram, polygon, histogram an lain sebagainya yang mendeskripsikan situasi tersebut. Dimana mereka ( diagram, polygon, histogram ) mengidentifikasikan keuntungan maksimal dan kerugian minimal yang didapat untuk memungkinkan diwujudkan dalam bentuk tindakan, berikut berikut alternatif yang ada. Selain itu hasil dari analisa juga mengidentifikasikan probabilitas untuk setiap kejadian yang saling meniadakan ( utually exclusive )


Keywords


decision making; statistic; analysis



DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v4i1.14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2006 Jurnal Tr@nsForMat!ka

| View My Stats |

Transformatika : Journal Information Technology by Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.