SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI ASISTEN PRAKTIKUM MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING

Prind Triajeng Pungkasanti, Indah Permatasari Nurma arif

Abstract


Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya jurusan Teknologi Informasi setiap semester mengadakan seleksi asisten praktikum. Proses seleksi dan penentuan asisten praktikum yang dilakukan selama ini masih manual dan banyak mengalami kendala yang mengakibatkan asisten praktikum yang terpilih kurang sesuai dengan kriteria yang diharapkan. Sebagai gantinya akan dibangun sebuah   sistem pendukung keputusan seleksi asisten praktikum menggunakan metode profile matching. Proses profile matching adalah dengan membandingkan antara profil calon asisten dengan profil ideal asisten praktikum berdasarkan 2 aspek yaitu aspek akademik dan penilaian. Semakin kecil gap yang dihasilkan maka kesempatan untuk lolos semakin besar. Hasil dari proses ini berupa perangkingan peserta dari tiap matakuliah, dimana rangking ini dijadikan sebagai dasar rekomendasi dalam pengambilan keputusan untuk menentukan asisten praktikum. Sistem ini akan digunakan oleh kordinator asisten praktikum untuk membantu menyeleksi calon asisten praktikum dengan lebih tepat dan lebih cepat.

 


Keywords


profile matching, seleksi asisten praktikum, sistem pendukung keputusan

References


Wibowo, FX. Bagus Ari. (2012). Perancangan dan Implementasi Sistem Pendukung Keputusan untuk Jalan Menggunakan Metode ID3 (Studi Kasus BAPPEDA Kota Salatiga). Skripsi. Solo: Universitas Kristen Satya Wacana.

Fitriyani. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Penjurusan SMA Menggunakan Metode AHP. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012 (Semantik 2012). ISBN 979 - 26 - 0255 0. Pangkalpinang: Jurusan Sistem Informasi STMIK Atma Luhur Pangkalpinang.

Wijaya, Adrianus. (2014). Rancang Bangun Administrative Workflow System Rekrutmen Dan Seleksi Pada Stikom Surabaya. Skripsi. Surabaya: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Teknik Komputer Surabaya.

Ilmiawati, Eli. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Seleksi Asisten Dosen Praktikum Di Teknik Informatika UMG Dengan Menggunakan Metode TOPSIS. Skripsi. Gresik: Universitas Muhammadiyah Gresik.

Jumadi, Cecep Nurul Alam, dan Ichsan Taufik. (2015). Sistem Pendekatan Logika Fuzzy untuk Perhitungan Gap pada Metode Profile Matching dalam Menentukan Kelayakan Proposal Penelitian. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi. 22-23 April. Bandung: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Satzinger, John W., Robert B. Jackson, Stephen D. Burd. (2012). Systems Analysis and Design in a Changing World. 6th Edition, USA: Joe Sabatino.

Riadiana, Irma Febri. (2014). Sistem Informasi Rumah Kost Berbasis Website Studi Kasus Pada Rumah Kost Hero Yogyakarta. Skripsi. Universitas Widyatama.

Susanto, Moch. Irfandi, Eko Darwiyanto, Gede Agung Ary Wisudawan. (2015) .Pengukuran Software Metric Terhadap Implementasi Framework Laravel Pada Pembangunan Aplikasi Berbasis Web Studi Kasus : Jurnal Logic. e-Proceeding of Engineering Vol.2 No.3 Desember 2015. ISSN : 2355-9365. Universitas Telkom.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v16i2.1250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


| View My Stats |

Jurnal Transformatika : Journal Information Technology  by  Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University  is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.