ONE TIME PASSWORDLESS and IP ADDRESS AUTHENTICATION METHOD for WEB APPLICATION

Mohammad Sani Suprayogi

Abstract


Penelitian yang membahas model autentikasi pengguna, mulai dari autentikasi tradisional menggunakan username dan password hingga metode multi-factor authentication telah sering dilakukan. Namun model autentikasi tersebut masih menggunakan password, dimana manusia memiki keterbatasan untuk mengingat sehingga resiko kehilangan password kerap terjadi. Selain itu pencurian data pada jaringan komputer masih marak dilakukan sehingga perlu pendekatan lain dalam autentikasi pengguna terhadap sistem.

Passwordless authentication adalah model autentikasi yang mulai dikenalkan, hanya saja proses implementasinya masih terbatas. Paper ini berusaha meningkatkan metode passwordless dengan tambahan time limit, session, dan ipaddress dalam melakukan autentikasi pengguna.

Hasilnya, pengguna tidak perlu membuat dan mengingat password. Pengguna cukup memanfaatkan layanan email untuk proses registrasi dan login, kemudian ip address menjamin bahwa hanya pengguna tersebut yang dapat mengakses layanan website.


Keywords


passwordless; authentication; security;

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Tr@nsForMat!ka

| View My Stats |

Transformatika : Journal Information Technology by Department of Information Technology, Faculty of Information Technology and Communication, Semarang University is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.