Pendampingan UMKM Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Melalui Pemasaran Digital

Penulis

  • Adhi Widyakto Fakultas Ekonomi Universitas Semarang
  • Edy suryawardana Fakultas Ekonomi Universitas Semarang
  • susanto susanto Fakultas Ekonomi Universitas Semarang
  • sugeng Riyanto Fakultas Ekonomi Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26623/tmt.v5i1.11386

Kata Kunci:

Digitalisasi Marketing Jangkauan Produk Penjualan Meningkat.

Abstrak

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk membantu meningkatkan penjualan bagi UMKM di Kelurahan Sendangmulyo yang terdampak pandemi COVID 19. Dengan adanya kondisi pandemi ini maka UMKM di tuntut untuk bertahan agar terhindar dari kebangkrutan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu dengan memberikan pelatihan secara langsung dengan tutorial dilapangan dengan mengajarkan cara menerapkan digital marketing atau pemasaran online. Hasil yang diharapkan yaitu pasar produk UMKM di Kelurahan Sendangmulyo mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas tentunya dengan produk yang dikenali dan mudah di akses oleh konsumen

Referensi

Artharini, N. F. (2023). PERLINDUNGAN BAGI UMKM TERHADAP PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT. "Dharmasisya” Jurnal Program Magister Hukum FHUI, 2(3), 1403–1412. https://scholarhub.ui.ac.id/dharmasisya/

Hanifah, R. U., Rizkiana, C., & Riyanto, S. (2023). Pemberdayaan Umkm Dalam Penerapan Akuntansi Umkm Berbasis Aplikasi Sederhana. TEMATIK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 107–112. https://journals.usm.ac.id/index.php/tematik/article/view/7365/3392

M.Dermawansyah, & Rizqi, R. M. (2019). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA HOME INDUSTRI KOPI CAHAYA ROBUSTA SUMBAWA. Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 1–6. https://jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/view/1047

Novitasari, D., Pebrina, E. T., Sutardi, D., Nugroho, Y. A., & Putra, F. (2022). Journal of Community Service and Engagement ( JOCOSAE ) Pelatihan Digital Marketing dan Social Media Marketing Terhadap Pelaku UMKM di Tangerang. Journal of Community Service and Engagement (JOCOSAE), 2(2), 7–16. http://jocosae.org/index.php/jocosae/article/view/39/33

Nugraha, W. (2017). Implementasi peraturan daerah kabupaten pandeglang nomor 06 tahun 2003 tentang pembinaan koperasi dan ukm. In Skripsi (Issue April, p. 322 Hlm). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA SERANG,. https://eprints.untirta.ac.id/857/1/IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN PANDEGLANG NOMOR 06 TAHUN 2003 TENTANG PEMBINAAN KOPERASI - Copy.pdf

Ridwan, I. M., Fauzi, A., Aisyah, I., Susilawati, & Sofyan, I. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “ WAGE ” Bandung. Jurnal ABDIMAS BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 137–142. https://scholar.google.com/citations?user=Afz8-kMAAAAJ

Widyakto, A., Suryawardana, E., Kridasusila, A., & Rinawati, T. (2022). Pendampingan UMKM Kelurahan Peterongan , Kecamatan Semarang Selatan , Kota Semarang , Melalui Pemasaran Digital. Jurnal Masyarakat Merdeka, 5(II), 69–77. https://doi.org/DOI : 10.51213/jmm.v5i2.111

Widyakto, A., Suryawardana, E., Souisa, J., & Susanto. (2023). Pendampingan Umkm Kelurahan Lamper Lor, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Melalui Pemasaran Digital. DIMASEKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 29–36. https://journals.unikal.ac.id/index.php/dimaseka%0APendampingan

Diterbitkan

2025-01-31

Terbitan

Bagian

Articles