Penerapan Strategi Pemasaran Pada Pelaku UMKM Di Kecamatan Tembalang Kota Semarang

Authors

  • Dian Triyani Universitas Semarang
  • Edy Mulyantomo Universitas Semarang
  • Wawan Setiawan Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26623/tmt.v3i2.7127

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat pada pelaku UMKM di Kecamatan Tembalang Kota Semarang tentang penerapan strategi pemasaran untuk meningkatkan bisnis UMKM. Berdasarkan hasil analisis situasi maka permasalahan yang dihadapi oleh mitra dapat diidentifikasi sebagai berikut kurangnya pengetahuan dan pemahaman dari pelaku UMKM terhadap bagaimana penerapan strategi pemasaran yang tepat tentang pemahaman fungsi, jenis dan pentingnya packaging (kemasan) produk, branding (upaya untuk memberikan perusahaan dengan desain atau simbol tertentu untuk mengiklankan produk dan jasanya), kualitas pelayanan dan promosi yang masih dinilai belum cukup maksimal serta belum ada pendampingan UMKM.

Tujuan  dari  kegiatan  ini  adalah  memberikan  pelatihan  bagaimana penerapan tentang strategi pemasaran  bagi  pelaku  UMKM  di Kecamatan Tembalang  Kota Semarang agar bisnis UMKM meningkat. Manfaat  yang  diharapkan  dengan  adanya  kegiatan  pengabdian  masyarakat  ini  yaitu  para peserta (pelaku) UMKM mempunyai pengetahuan, pemahaman, ketrampilan dan kemampuan ketepatan dalam menentukan strategi pemasaran tentang pemahaman fungsi, jenis dan pentingnya packaging (kemasan) produk, branding (upaya untuk memberikan perusahaan dengan desain atau simbol tertentu untuk mengiklankan produk dan jasanya), kualitas pelayanan dan promosi

Metode pendekatan yang digunakan dalam mencapai tujuan adalah pendekatan participatory training, yaitu pendekatan yang menekankan pada partisipasi penuh dari mitra dan pendampingan dalam mencapai tujuan. Pendekatan participatory training dilakukan melalui beberapa langkah pembelajaran dalam bentuk pelatihan dan pendampingan.

Rencan target luaran berupa jurnal PkM, media masa cetak dan sertifikat HKI dan Video pelaksanaan yang di-upload di youtube.

Author Biographies

  • Dian Triyani, Universitas Semarang
    Fakultas Ekonomi Universitas Semarang
  • Edy Mulyantomo, Universitas Semarang
    Fakultas Ekonomi Universitas Semarang
  • Wawan Setiawan, Universitas Semarang
    Fakultas Ekonomi Universitas Semarang

References

Adhaghassani, Sefti Fakhriyyan. 2016. Strategi Bauran Pemasaran 7p (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) di cherry bakery.

Shirley Candrawardhani, Cara Menerapkan Strategi Pemasaran untuk UMKM Anda. January 24, 2022, https://www.kitalulus.com/bisnis/cara-menerapkan-strategi-pemasaran

Downloads

Published

2023-06-23

Issue

Section

Articles