https://journal.unram.ac.id/sbo/
Pelatihan Marinasi Daging Itik untuk Peningkatan Keamanan Pangan di SMKN 4 Kendal | Nofiyanto | TEMATIK

Pelatihan Marinasi Daging Itik untuk Peningkatan Keamanan Pangan di SMKN 4 Kendal

Erwin Nofiyanto, Sudjatinah Sudjatinah, Sri Budi Wahjuningsih

Abstract


Pengawetan bahan pangan tidak hanya dapat dilakukan dengan menggunakan garam sebagai bahan pengawetnya, tetapi juga dapat dilakukan dengan menambahkan asam organik pada pengolahan yang dilakukan. Salah satu pengolahan atau pengawetan adalah marinasi. marinade bermacam-macam, yaitu gula, garam dapur (NaCl), garam sorbat, garam fosfat dan garam benzoat, yang bermanfaat untuk meningkatkan keamanan pangan dan masa simpan daging. Tujuan dalam pengabdian untuk meningkatkan keamanan pangan dengan pelatihan marinasi. Metode pelaksanaan pelatihan dengan ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hasil Pengabdian sebelum diadakan pelatihan marinasi daging itik di SMKN 4 Kendal 100% siswa tahu pengertian marinasi, 85% siswa tidak tahu cara pembuatan marinasi, 60% siswa belum tahu bahan marinasi, dan 75% belum tahu manfaat marinasi selain dibuat untuk bumbu masakan, setelah kegiatan pelatihan 100% siswa cukup memahami dan tahu pengertian marinasi, cara pembuatan, bahan dan manfaat dari marinasi. Dalam pelaksanaan pengabdian pelatihan marinasi daging itik diharapkan para siswa-siswi SMKN 4 Kendal memahami tentang proses marinasi dan kegiatan dapat bermanfaat selain meningkatkan pengetahuan juga dapat meningkatkan kecakapan hidup siswa.

Keywords


Marinasi; Daging Itik: Keamanan Pangan

Full Text:

PDF

References


Birk, T., Grønlund, A. C., Christensen, B. B., Knøchel, S., Lohse, K., & Rosenquist, H. (2010). Effect of organic acids and marination ingredients on the survival of Campylobacter jejuni on meat. Journal of food protection, 73(2), 258-265.

Bjorkroth, J. (2005). Microbiologycal ecology of marinated meat product. Meat Sci. 70: 477 – 480

Carroll, C. D., Alvarado, C. Z., Brashears, M. M., Thompson, L. D., & Boyce, J. (2007). Marination of turkey breast fillets to control the growth of Listeria monocytogenes and improve meat quality in deli loaves. Poultry Science, 86(1), 150-155.

Gustiani, E. (2009). Pengendalian cemaran mikroba pada bahan pangan asal ternak (daging dan susu) mulai dari peternakan sampai dihidangkan. J. Litbang Pertanian 28(3): 96 – 100.

Nurohim, N., Nurwantoro, N., & Sunarti, D. (2013). Pengaruh metode marinasi dengan bawang putih pada daging itik terhadap pH, daya ikat air, dan total coliform. Animal Agriculture Journal, 2(1), 77-85.

Syamsir, E. 2010. Mengenal Marinasi. http://ilmupangan. blogspot.com (7 Agustus 2023)




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v4i2.8552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia