https://journal.unram.ac.id/sbo/
Pelatihan Pengelolaan Media Sosial Bagi UMKM Kelurahan Sawah Besar | Syahrani | TEMATIK

Pelatihan Pengelolaan Media Sosial Bagi UMKM Kelurahan Sawah Besar

Nova Alya Syahrani, Ira Wijayanti, Icha Azzahra Farika Darmaputri, Bernadus Very Christioko

Abstract


Pemanfaatan media sosial di era digital ini untuk promosi suatu produk belum sepenuhnya dapat dilakukan oleh UMKM Kelurahan Sawah Besar Semarang. Kendala yang dialami diantaranya pengelolaan copywriting dengan bahasa yang rapih dan mudah di pahami oleh calon konsumen juga pemanfaatan segmentasi pasar umumnya juga sulit di pahami oleh kalangan menengah ke bawah. Oleh karena itu dibutuhkan pelatihan melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang memanfaatkan media sosial Facebook untuk menggunggah foto dan video dan Facebook Marketplace sebagai sarana penjualan produk UMKM. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan melalui pemaparan materi dan juga pelatihan mengenai pengelolaan media sosial Facebook meliputi copywriting, penggunaan hashtag, dan pengoptimalan segmentasi pasar. Hasil dari kegiatan ini adalah berupa peningkatan kemampuan peserta UMKM dalam melakukan pengelolaan media sosial Facebook meliputi kemampuan copywriting, penggunaan hashtag, dan pengoptimalan segmentasi pasar sehingga produk-produk peserta UMKM dapat menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan dan pendapatan produk UMKM.

Full Text:

PDF

References


Astuti, M & Nurhafifah M. (2020). Managemen Pemasaran: UMKM dan Digital Sosial Media.Yogyakarta: Deepublish.

Eko Agus Alfianto. (2012). Kewirausahaan: Sebuah Kajian Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Heritage, 1(2), 33–42.

Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129

Ima Nur Insyani (2012). Pendekatan Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Kelas IV : Universitas Pasundan.

Kartika Piscesa, Lisa (2010) Dampak Digital Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Pada ZTE Asian Pacific R&D And Training Center Bandung Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Permadi, R. N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM. Avant Garde, 10(1), 15. https://doi.org/10.36080/ag.v10i1.1695

Santiko, I., & Albana, I. (2023). Strategi Peningkatan Kemampuan Marketing Melalui Sosial Media Pada UMKM Bangkit Wilayah Banyumas. Journal of Sustainable Communities and Development, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.51519/journalscd.v1i1.218

Siti Mukaromah (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Jigsaw dengan Media Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Huda Winodadi Blitar : UIN Satu Tulunganggung.

Veranita, M., Almamalik, L., & Ikhsan, S. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 89–96. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i1.590

Widia, E. (2021). Diseminasi Penggunaan Sosial Media dalam Perluasan Sebaran Pemasaran pada Produk UMKM. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 99–114. https://doi.org/10.35309/dharma.v2i1.5234




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v4i2.7322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia