Pelatihan Literasi Menulis bagi Mahasiswa Universitas Ivet

Handini Arga Damar Rani, Dwi Septiana Sari, Akhmad Nayazik

Abstract


Skripsi atau tugas akhir merupakan salah satu syarat untuk memperoleh gelar akademik pada program Sarjan (S1). Permasalahannya tidak semua mahasiswa memiliki kemampuan menulis karya ilmiah dengan baik, salah satunya dalam bentuk skripsi. Studi pendahuluan di Universitas Ivet menjelaskan bahwa literasi menulis mahasiswa masih harus ditingkatkan. Salah satu factor yang menyebabkannya yaitu kurangnya motivasi mahasiswa dengan budaya menulis. Oleh karena itu, diperlukan upaya peningkatan kompetensi mahasiswa dalam menulis yaitu berupa pelatihan literasi menulis bagi mahasiswa Universitas Ivet. Desain program dirancang sebagai kegiatan pengabdian masyarakat. Pengabdian tersebut dilakukan oleh tim Dosen dari Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ivet. Kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan secara online, yaitu melalui platform Zoom Meeting dan Google Classroom. Tahap pertama adalah pemberian materi dan diskusi, tahap kedua adalah penugasan. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilannya dalam menulis karya ilmiah berupa draft proposal skripsi atau laporan hasil tugas akhir/skripsi. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman peserta pelatihan sebelum dan sesudah diberikan pelatihan, serta literasi menulis mahasiswa sudah berkembang dengan baik. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata postes yaitu 82 sedangkan nilai rata-rata pretes sebesar 44. Selain itu, persentase peserta pelatihan yang mengumpulkan tugas berupa draft proposal atau laporan tugas akhir/skripsi juga mencapai 89%.


Full Text:

PDF

References


Buwono, S., & Dewantara, J. A2002 (202Hubungan media internet, membaca, dan menulis dalam literasi digital mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(4), 1186 1193. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.526 Copyright

Sari, E. S., & Pujiono, S. (2017). Budaya literasi di kalangan mahasiswa FBS UNY. LITERA, 16(1), 105 113. https://doi.org/10.21831/ltr.v16i1.14254

Sari, M. K., Bahren, B., & Zuiyardam, Z. (2020). Upaya peningkatan literasi mahasiswa melalui pelatihan menulis kreatif di Kota Padang Panjang. Buletin Ilmiah Nagari Membangun, 3(2), 107 116. https://doi.org/10.25077/bina.v3i2.195

Siswoyo, A. A., & Hotimah, K. (2021). Pengembangan budaya literasi menulis bagi guru sekolah dasar melalui pelatihan pembuatan PTK dan artikel ilmiah. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 51 56.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v3i1.6037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia