Peningkatan Kompetensi Membaca Teks Bahasa Arab Melalui Metode Qiraah Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTsN 2 Kota Surabaya

Khoshiyatu Nur Laela

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode qiraah dalam meningkatkan kompetensi siswa dalam membaca teks bahasa arab pada 32 siswa kelas IX-E di MTs Negeri 2 Kota Surabaya, pada semester gasal, tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kompetensi membaca siswa diperoleh melalui beberapa kegiatan, yaitu: 1) mendemonstrasikan membaca, mengucapkan   huruf, kata (mufrodat), kalimat dan frase secara nyaring dan berulang-ulang; 2) pembiasaan membaca Al-Quran (tadarus) dengan pantauan guru; 3) setoran hafalan. Kemampuan membaca siswa terhadap teks berbahasa arab mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II rata-rata 28 persen, 53.58% dengan kriteria baik, 38.46% dalam kriteria sangat baik, dan 7.69% dalam kriteria kurang baik. Metode Qiraah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.

Kata kunci: Kompetensi Membaca Teks Bahasa Arab, Metode Qiraah


Full Text:

PDF

References


Comsin S. Widodo. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi, Jakarta:

PT Gramedia

Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja

Grafindo Persada

Ibrahim. Abdul Alim. TT. Al Muwajjih Al Fanii Limudarrisiha Al Lughoh Al Arabiyah,

TK. Daarul Ma arif

Juwairiyah, Dahlan. 1992. Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab, Surabaya: Usaha

Nasional

Kamil. Ramma Oensyar. 2015. Pengantar Metodologi Bahasa Arab, Yogyakarta: Aswaja

Lestari, Tita. 2000. Merencanakan dan Melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah.

Disampaikan pada Kegiatan Pembekalan Pembimbing Penelitian Tindakan Sekolah di

Bogor

Martinis Yamin. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa, Jakarta: Gaung Persada Press PMA

Nomor 165 Tahun 2014 tentang Pedoman Kurikulum 2013 PAI dan Bahasa Arab

Tarigan. H.G. 1994. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung:

Angkasa

Wina Sanjaya. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan,

Jakarta: Prenada Media Grup

www.kompasiana.com/mnawiharahap//kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-dalamkurikulum-201




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v3i1.5903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia