Peningkatan Kompetensi Membaca Teks Bahasa Arab Melalui Metode Qiraah Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTsN 2 Kota Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode qiraah dalam meningkatkan kompetensi siswa dalam membaca teks bahasa arab pada 32 siswa kelas IX-E di MTs Negeri 2 Kota Surabaya, pada semester gasal, tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kompetensi membaca siswa diperoleh melalui beberapa kegiatan, yaitu: 1) mendemonstrasikan membaca, mengucapkan huruf, kata (mufrodat), kalimat dan frase secara nyaring dan berulang-ulang; 2) pembiasaan membaca Al-Quran (tadarus) dengan pantauan guru; 3) setoran hafalan. Kemampuan membaca siswa terhadap teks berbahasa arab mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II rata-rata 28 persen, 53.58% dengan kriteria baik, 38.46% dalam kriteria sangat baik, dan 7.69% dalam kriteria kurang baik. Metode Qiraah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
Kata kunci: Kompetensi Membaca Teks Bahasa Arab, Metode Qiraah
Full Text:
PDFReferences
Comsin S. Widodo. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi, Jakarta:
PT Gramedia
Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja
Grafindo Persada
Ibrahim. Abdul Alim. TT. Al Muwajjih Al Fanii Limudarrisiha Al Lughoh Al Arabiyah,
TK. Daarul Ma arif
Juwairiyah, Dahlan. 1992. Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab, Surabaya: Usaha
Nasional
Kamil. Ramma Oensyar. 2015. Pengantar Metodologi Bahasa Arab, Yogyakarta: Aswaja
Lestari, Tita. 2000. Merencanakan dan Melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah.
Disampaikan pada Kegiatan Pembekalan Pembimbing Penelitian Tindakan Sekolah di
Bogor
Martinis Yamin. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa, Jakarta: Gaung Persada Press PMA
Nomor 165 Tahun 2014 tentang Pedoman Kurikulum 2013 PAI dan Bahasa Arab
Tarigan. H.G. 1994. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung:
Angkasa
Wina Sanjaya. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan,
Jakarta: Prenada Media Grup
www.kompasiana.com/mnawiharahap//kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-dalamkurikulum-201
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v3i1.5903
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi:
[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang - Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia