Pendampingan Kegiatan Pavingisasi Perum Royal Semarang RT.05 RW.09 Pedurungan Lor

Muhammad Latif, Diah Rahmawati, Wardana Galih Pamungkas, Sutarno Sutarno

Abstract


Untuk menstabilkan sarana dan prasarana penunjang lalu lintas darat bagi Warga Perum Royal Semarang RT.05 RW.09 Pedurungan Lor , Sebagai wujud ketersedian saran jalan yang baik dan nyaman untuk mobilitas dan pergerakan manusia . maka sistem jaringan jalan perlu diperhatikan maksimal. Guna menunjang kelancaran beraktifitas untuk meningkatkan kesejahteraan (Standar Nasional Indonesia T-14) .Warga Perum Royal semarang RT.05 RW.09 Pedurungan Lor. Oleh sebab itu  perencanaan, pembangunan, dan perbaikan perlu diperhatikan seefektif dan seefisien mungkin. Pembangunan ataupun perbaikan Jalan Reum Royal semarang Pedurungan Lor sangatlah penting artinya mengingat letak geografisnya hanya bisa dihubungkan dengan keberadaan jalan sebagai sarana penunjang yang sangat penting untuk pergerakan aktivitas warganya.

Memperhatikan kondisi saat ini dalam rangka menunjang kelancaran untuk meningkatkan produktivitas, kenyaman berkendara, perjalanan, dan keindahan desa maka perlu adanya infrastruktur berupa jalan yang baik . Warga Jalan Perum Royal Semarang RT.05 RW.09 ,Pedurungan Lor  mempunyai permasalahan yaitu jalan desa (RT) yang mulai rusak (berlubang) serta permukaan jalan yang tidak rata (bergelombang). Jalan ini juga berfungsi untuk memperlancar akses menuju pusat  pelayanan pemerintahan, kesehatan, pendidikan, dan ekonomi karena sebagai fasilitas sarana dan prasarana penunjang perekonomian yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, untuk meningkatakan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat.

Dalam Proses pavingisasi jalan perum Royal Semarang RT.05 RW.09, perlu diperhatikan alat, bahan, serta metode pelaksanaan yang sesuai pada lokasi tersebut.

 

Kata kunci : Jalan, Paving , Warga RT.05 RW.09

 


Full Text:

PDF

References


Hutauruk, D.M.H, Pengaruh Serat Bendrat Terhadap Kuat Tekan Paving Block Berbahan Dasar Limbah Plastik HDPE, Journal of Civil Engineering, Building and Transportation, vol. , no. 1, pp. 10-16, 2021.

Perdana, A.O., Wahyuni, A.S., Elhusna, Pengaruh Penambahan Serat Ijuk Terhadap Kuat Tarik Belah Beton dengan Faktor Air Semen 0,5, Jurnal Inersia, vol. 7, no. 2, pp. 7-12, 2015.

PP RI no : 34, tentang Jalan , 2006

Samlawi, A.K., Arifin, Y.F., Permana, P.Y., Pembuatan dan Karakterisasi Material Komposit Serat Ijuk (Arenga Pinnata) Sebagai Bahan Baku Cover Body Sepeda Motor , Jurnal Info Teknik, 2017.

SNI 03-0691-1999 Paving

Standar Nasional Indonesia T-14, Geometrik Jalan Perkotaan , 2004




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v3i1.5333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia