SOLUSI MENGURANGI KETEGANGAN BAGI GURU SMAN 4 SEMARANG MELALUI PELATIHAN TEKNIK RELAKSASI SEDERHANA

Markus Nanang Irawan, Cristine Roselvia Tri Amelia, Gusti Yuli Asih

Abstract


Kemunculan virus Corona di Indonesia telah memberikan dampak yang sangat besar pada aspek kehidupan manusia. Bisa dikatakan ada yang berdampak positif, misalnya terkait pemanfaatan teknologi, namun sebenarnya lebih banyak dampak negatif yang dirasakan oleh manusia. Salah satu aspek yang terdampak adalah dunia pendidikan yang mana karena adanya situasi pandemi Covid-19 mau tidak mau harus melaksanakan proses belajar mengajar secara daring dikarenakan adanya batasan pertemuan langsung. Permasalahannya kemudian adalah bahwa persiapan dan proses belajar mengajar guru dan siswa seringkali mengalami berbagai hambatan yang pada akhirnya menimbulkan keluhan yang berujung pada munculnya masalah psikologis seperti stress, emosi negatif berupa kecemasan, kemarahan, dan sebagainya. Berdasar permasalahan tersebut Tim Fakultas Psikologi Universitas Semarang menawarkan salah satu solusi yaitu dengan memberikan pelatihan mengenai teknik relaksasi sederhana yang ditujukan bagi guru SMA Negeri 4 Semarang. Kegiatan dievaluasi dengan menggunakan model pengukuran pre-test dan post-test yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana peningkatan pemahaman dalam menangani stress dan mengelola emosi negatif serta kondisi yang dialami setelah mengikuti pelatihan. Berdasar hasil analisa dengan menggunakan Paired Sample T-Test didapatkan ada peningkatan sebesar 15, 305 yang artinya ada peningkatan pemahaman guru dalam menangani stress dan mengelola emosi negatif

Full Text:

PDF

References


Edwin; Elvinawati, R; Putra, AID. 2019. Loyalitas Karyawan dan Kualitas Kehidupan Kerja pada Karyawan. Philantrophy Journal of Psychology Vol. 3 Nomor 1 (2019), 1-80

Fajar, M.Y; Rohaeni, O; Permanasari, Y; Iswani, A; & Mulkiya, K. (2107). Meningkatkan Kompetensi Guru SMA dan Sederajat Melalui Pelatihan Pembelajaran Berbasis TIK. Ethos (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat): 175-181Vol 5, No.2, Juni 2017. ISSN 1693-699X| EISSN2502-065X

Fitriani, A; Supradewi R. (2019). Desensitisasi Sistematis dengan Relaksasi Zikir untuk Mengurangi Gejala Kecemasan pada Kasus Gangguan Fobia. Philantrophy Journal of Psychology Vol. 3 Nomor 2, Desember (2019), 75-88

Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus Lina Handayani. Journal Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 15 23.

Hasibuan, Malayu S.P, (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Kemendikbud. (2020). Kebijakan Kemdikbud dalam Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Sebagai New Normal. Artikel PPT. Dirjen Dikti 13 Juni 2020

Kemendikbud. (2020). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Artikel PPT . Dirjen Dikti 7 Agustus 2020

Khusumawati, ZE; Christiana, E. (2014). Penerapan Kombinasi antara Teknik Relaksasi dan Self-Instruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 22 Surabaya. Jurnal BK UNESA. Volume 05 Nomor 01 Tahun 2014, 1-10

Lestari, A.P.K dan Ulfatin, N. (2016). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Berjenjang untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD. MANAJEMEN PENDIDIKAN VOLUME 25, NOMOR 1, MARET 2016: 79-87

Linayaningsih, F; Virgonita, M; Dian, A. (2017). Pengaruh Pelatihan Peer Group Counseling dalam Meningkatkan Psychologycal Well-Being pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Philantrophy Journal of Psychology Vol. 1 Nomor 1 (2017), 26-35

Nurcahyani, I; Fauzan, L. (2016). Efektivitas Teknik Relaksasi dalam Konseling Kelompok Behavioral untuk Menurunkan Stres Belajar Siswa SMA. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, Vol. 1, No. 1, 2016, hlm. 1-6

Putri, DWL; Uyun, Q; Sulistyarini, I. (2017). Pelatihan Regulasi Emosi untuk Meningkatkan Kesejahteraan Subyektif Orang dengan Hipertensi Esensial. Philantrophy Journal of Psychology Vol. 1 Nomor 1 (2017), 61-75

Riyadin, S. (2016). Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Guru PNS. JKMP (ISSN. 2338-445X dan E-ISSN. 2527 9246), Vol. 4, No. 2, September 2016, 117-234

Rohmalina. (2015). Pelatihan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD di Kota Cimahi. Jurnal EMPOWERMENT Volume 3, Nomor 1 Februari 2015, ISSN No. 2252-4738

Rusdin. (2017). Pendidikan dan Pelatihan sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Guru di SMP Negeri 02 Linggang Bigung. Jurnal Administrative Reform, Vol. 5, No. 4, Desember 2017 (200-212) ISSN:2337-7542

Sari, Ita Dian A. (2020). Mereduksi Stress dalam Belajar dengan Menggunakan Strategi Relaksasi. Nusantara of Research Vol. 7, No.2, 79-85, P-ISSN: 2579-3063/ E-ISSN: 2355-7249 http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor

Saleh, Z; & Karneli, Y. (2020). Kombinasi Terapi Relaksasi dan Self-Talk (Studi Kasus

pada Anak Panti Asuhan Rawamangun). Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), pp. 321 329. DOI: 10.26539/teraputik.42423

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-9. Jakarta: Kencana.

Syatoto, Inta Abid F. (2018). Pengaruh Teknik Relaksasi Deep Breathing terhadap Penurunan Kecemasan Akademik Siswa Kelas XI. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Volume 4, Nomer 8, Agustus 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v3i1.5245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia