Pelatihan Pembuatan Sistem Informasi lahan Pertanian di Kabupaten Kendal

Imam Rofii

Abstract


Dalam proses pengembangan dan pembangunan banyak menggunakan beberapa cara, salah satu nya dengan cara melindungi lahan pertanian pangan dalam rangka untuk ketahanan pangan secara nasional maupun untuk daerah itu sendiri. Kabupaten Kendal mengesahkan peraturan daerah No. 11 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 13 Tahun 2013 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan di Kabupaten Kendal. Kedua Perda tersebut telah disesuaikan dan memuat penetapan lahan pertanian tanaman pangan yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Kendal. Saat ini Kabupaten kendal sudah memiliki peta lahan pertanian pangan berkelanjutan, peta tersebut di sajikan dalam bentuk sistem informasi Geografis (SIG) berbasis desktop (standalone), seiring perkambangan jaman kini dapat diimplementasikan dalam sebuah web. Keutungan menggunakan web adalah mempermudah dalam mendapatkan informasi karena dapat di akses kapan pun dan dimanapu, kapasitas penyimpanan lebih besar dan dapat menampilkan informasi secara jelas.


Full Text:

PDF

References


Bunafit,N.(2004). Database Relasional dengan MySql. Yogyakarta: Andi. Connolly.(2005). Database Sistem: A Practical Approach to Design, Implementation and Management. Addsion Wesley.

Dwi,P.(2013).Sistem Informasi Data Penduduk Pada Desa Bogoharjo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. IJNS - Indonesian Journal on Networking and Security,Vol 2 No.4 - Oktober 2013, ijns.org, ISSN:2302- 5700.

Rakhman,F.(2010).Sistem Informasi Geografis Sektor Pariwisata Kota Surabaya Berbasis Web. Skripsi. Surabaya: Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Pembangunan Nasional VETERAN .

Aditya,A.N.(2011). Jago PHP & MySQL. Bekasi: Dunia Komputer.

Kadir,A.(2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta:

Andi.Kristanto,A.(2004).Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya.

Marlinda, L.(2004).Sistem Basis Data. Yogyakarta:

Andi.Peranginangin.(2006). Aplikasi Dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi.

Prastyo,S.D.(2008).Sistem Informasi Pendataan Penduduk Pada Kantor Kepala Desa Ujungrusi Kabupaten Tegal. Media Elektrika , Vol.1, No. 2, 2008 : 20 - 30.

Prihatna,H.(2005). Kiat Praktis Menjadi Web Master Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Ruslan,N(2005).Panduan MapServer. Bandung: Informatika.

Sidik,B.(2001). Pemprograman Web Dengan PHP. Bandung:Informatika

Solichin,A.(2009).Pemrogaraman Web Dengan PHP Dan MYSQL. Jakarta: Universitas Budi Luhur.Prasetyo,D.(2004-2006).

Pengembangan Sistem Informasi Geografis Tindak Kejahatan Multilevel berbasis Web. Jurusan Ilmu Komputer. IPB. Bogor.

Pratama,S.Y.(2014).Perancangan Aplikasi Pendataan Kependudukan Desa Minomartani Sleman Yogyakarta. Naskah Publikasi. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer AMIKOM




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v2i2.5115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia