IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KOMUNITAS PETANI TANAMAN HIAS DUSUN TARUKAN
Abstract
Berbagai upaya pembatasan kegiatan masyarakat, serta meningkatnya kasus covid-19 sangat berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat, terutama UMKM. Tak terkecuali kegiatan penjualan tanaman hias pada komunitas petani tanaman hias Dusun Tarukan yang merasakan penjualan tanaman hias menurun. Jika sebelumnya dapat diperoleh permintaan grosir tanaman hingga 8x dalam 1 minggu, kini menurun menjadi 1x atau bahkan tidak ada permintaan grosir tanaman dalam 1 minggu.
Oleh sebab itu, tim pengabdian kepada masyarakat mengusulkan kegiatan pelatihan dan pendampingan digital marketing kepada komunitas petani tanaman hias Dusun Tarukan. Digital marketing dalam hal ini adalah dengan cara menandai lokasi bisnis dan memberi informasi bisnis di google map, memperluas pemasaran melalui instagram, dan membuat katalog di WA bisnis. Dengan berbagai solusi pemasaran digital yang ditawarkan tersebut, maka penyebaran informasi produk dan jasa para petani tanaman hias akan lebih luas. Sehingga pesanan akan kembali meningkat.
Kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan para anggota komunitas petani tanaman hias tentang manfaat digital marketing yang tak tebatas ruang dan waktu atau dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Mereka juga telah mampu menggunakan berbagai aplikasi tersebut untuk mempromosikan produk dan jasa mereka. Sehingga, penjualan dan pendapatan para petani tanaman hias diharapkan dapat semakin meningkat tidak hanya selama pandemic, namun juga di masa yang akan datang setelah pandemic berakhir.
Kata kunci: Digital Marketing, penjualan, UMKM tanaman hias
Full Text:
PDFReferences
Harini, C., Wulan, H. S., & Agustina, F. (2021). Digital Marketin bagi UMKM. Media Sains Indonesia.
Mohamad Trio Febriyantoro, & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara, Vol 1 No 2(ISSN 2654-4326). http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1 17. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01
Suhartati, L., Danuz, S. Z. D., Sasmita, G. F. A., Nurjanah, I., & Herniwati, J. (2021). Humanis Humanis. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(2), 114 124. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMH/article/view/10407
Sunardi, N., AM, N., Sarwani, Lesmana, R., & Hasbiayah, W. (2021). Marketing Dan Manajemen Keuangan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM yang Berdampak Pada Kesejahteraan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2 (2), 96 104. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMH/article/view/10407
Susanto, B., & dkk. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatnya Daya Saing UMKM. Community Empowerment, Vol. 6 No(P-ISSN: 2614-4964. E-ISSN: 2621-4024), 42 47. https://doi.org/http://doi.org/10.31603/ce.4244
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v2i1.4547
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi:
[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang - Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia