Pelatihan Pemasaran Online Dan Digital Branding Dimasa Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku UMKM di Desa Tegalarum Kecamamatan Mranggen Kabupaten Demak

Edy Mulyantomo, Ardiani Ika Sulistyawati, Dian Triyani

Abstract


Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak awal 2019, telah menyebabkan terjadinya perubahan pola konsumsi barang dan jasa masyarakat. Semula dilakukan secara tradisional (offline), namun kini beralih secara online. Banyak pelaku UMKM yang merasa kesulitan dalam pencapaian  target-target penjualan dan perluasan pangsa pasar. Namun perubahan pola konsumsi barang dan jasa tersebut harus diterima dan menjadi  dorongan bagi para pelaku UMKM untuk menyesuaikan diri agar usahanya dapat terus bertahan serta diharapkan dapat berkembang sehingga mampu menghadapi kondisi new normal.

Digitalisasi dalam segala aspek aktivitas menjadi sebuah kebutuhan penting. Terutama pada selama masa pendemi dimana masyarakat harus menjaga protocol kesehatan, terjadi peningkatan kebutuhan dan pemanfaatan platform e-learning, e-commerce, literasi digital, permintaan delivery, dan kebutuhan alat kesehatan/kebersihan yang dilakukan secara daring. Demikian pula yang terjadi pada para pelaku UMKM yang ada di Desa Tegalarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Sebagian besar dari mereka belum memahami cara memasarkan produknya secara online. Sehingga tujuan   kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan, pemahaman dan pelatihan tentang pemasaran  online  dan  digital branding  bagi  pelaku  UMKM  di desa Tegalarum kecamatan Mranggen Kabupaten Demak.

Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan memberian penyuluhan dan pelatihan pembuatan akun media sosial e-commerce. Dengan demikian diharapkan dapat membantu meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan di bidang pemasaran onlie dan  digital branding. Lebih jauh lagi, diharapkan usaha para pelaku UMKM dapat terus berkembang di masa pandemic covid-19.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v2i1.4218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia