PELATIHAN MASK FOR MONEY SEBAGAI CARA BERTAHAN DI ERA PANDEMI

Wenni Anggita, Nanang Wahyudin, Ineu Sulistiana

Abstract


Pemakaian masker adalah kebutuhan dasar bagi kita di era pandemic covid-19 untuk mengurangi penyebaran virus tersebut. Kenyamanan pemakaian masker tersebut sangatlah penting demi kenyamanan si pemakai agar dapat terus dipakai dan menjaga protokoler Kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah. Bentuk masker yang berbeda-beda pula membutuhkan beberapa perlengkapan bantuan guna kenyamanan si pemakai yang salah satunya adalah konektor masker. Konektor masker ini dibuat dengan beberapa bahan antara lain manik-manik dan pengait untuk menghubungkan langsung dengan masker. Dengan adanya fenomena seperti ini, tim pengabdian dari Universitas Bangka Belitung menjalin Kerjasama dengan ibu-ibu dari desa tanjung gunung kecamatan pangkalan baru kabupaten bangka tengah melakukan pendampingan pembuatan konektor masker dengan harapan dapat membantu perekonomian masyarakat setempat dengan menghasilkan uang tambahan dari penjualan konektor masker tersebut.

Teknik dan metode yang digunakan dalam keiatan pengabdian ini adalah dengan  memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan konektor masker sampai dengan pengemasan dan penjualan produk. Pada saat pelatihan pembuatan masker, pelatih berasal dari tim pengabdian UBB sendiri dan juga di damping oleh salah satu warga yang sduah mahir dalam pembuatan konektor masker. Sedangkan untuk pendampingan, dilakukan dari awal sampai dengan pembuatan pembukuan sederhana untuk penjualan produk tersebut. Hasil dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yaitu terjualnya produk konektor masker ini hingga dapat keuntungan yang nantinya akan dijadikan modal lagi untuk produk-produk yang lebih kreatif lainnya.


Full Text:

PDF

References


Abdul, A., Rosa Mia, A., Suzette, D., Benno, F., Ilan, N., Patrick, O., ... & Reizle, P. (2020). The Economic Impact of the Covid-19. ADB Brief No, 128.

Afrizal, S., Legiani, W. H., & Rahmawati, R. (2020). PERAN PEREMPUAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETAHANAN EKONOMI KELUARGA PADA KONDISI PANDEMI COVID-19. Untirta Civic Education Journal, 5(2).

Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020, November). Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bertahan pada kondisi pandemik covid 19 di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) (Vol. 6, No. 2, pp. 139-146).

Anggita, W., Julia, J., Suhaidar, S., & Rudianto, N. A. R. (2020). Peningkatan Pemahaman Literasi Keuangan Di Era Pandemi Corona Sebagai Upaya Penguatan Ketahanan Ekonomi Keluarga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, 7(2), 7-11.

Apriyanto, M., & Ramli, M. (2020). Manajemen Keuangan Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 6(3), 145-152.

Bhegawati, D. A. S., Suryandari, N. N. A., & Novarini, N. N. A. (2020). PERANAN IBU RUMAH TANGGA NELAYAN DI DESA KUSAMBA DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DARI USAHA HASIL PERIKANAN UNTUK MENINGKATKAN EONOMI KELUARGA DIMASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati 2020, 7-12.

Juita, F., Masad, M., & Arif, A. (2020). Peran Perempuan Pedagang Sayur Keliling Dalam Menopang Ekonomi Keluarga Pada Masa Pandemi COVID-19 di Kelurahan Pagesangan Kecamatan Mataram Kota Mataram. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 100-107.

Laura Hardilawati, W. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 10(1), 89-98.

Putri, S. (2020). Kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Masyarakat Ponorogo: Analisis Ekonomi Islam tentang Strategi Bertahan di Masa Pandemi Covid-19. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 4(2), 147-162.

Saragih, R., & Elisabeth, D. M. (2020). Kewirausahaan Sosial Dibalik Pandemi Covid-19: Penelusuran Profil dan Strategi Bertahan. Jurnal Manajemen, 1(1), 47-56.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v2i1.3750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia