Pelatihan Pemasaran dan Penjualan Online pada Marketplace untuk Meningkatkan Ketrampilan Technopreneurship Guru dan Siswa di SMK Sultan Trenggono
DOI:
https://doi.org/10.26623/tmt.v5i1.11086Abstract
SMK Sultan Trenggono adalah sekolah berbasis pondok pesantren dan terintegrasi dengan perusahaan yang sesuai dengan konsentrasi keahlian yang ada di SMK Sultan Trenggono, dengan luas sekolah 6870 M memungkinkan siswa untuk dapat melaksanakan pembelajaran didalam sekolah dengan leluasa. SMK Sultan Trenggono memiliki siswa sebanyak 130 siswa yang terbagi menjadi 3 (Tiga) konsentrasi keahlian yaitu Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim, Agribisnis Tanaman dan Teknik Otomotif. SMK Sultan Trenggono juga memiliki konsentrasi keahlian Agribisnis Tanaman pertama di Kota Semarang yang menghasilkan pupuk cair Bernama POC, pupuk cair ini terbuat dari urin kelinci dengan berbagai macam pupuk tambahan yang berfungsi membantu menyuburkan tanaman atau membantu fotosintesis tanaman sehingga perkembangan tumbuhan menjadi lebih baik. Pada konsentrasi keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim juga memiliki unit produksi seperti jasa perbaikan computer dan Pesanan running text untuk media promosi di toko ataupun di jalan-jalan dan tempat lain yang membutuhkan. Tetapi dari banyaknya produk yang dihasilkan di unit usaha SMK Sultan Trenggono masih belum memiliki pasar yang mendukung terserapnya produk secara maksimal, sehingga proses produksi sering kali menemui hambatan. SMK Sultan Trenggono sangat memerlukan sebuah fasilitas atau tempat yang dapat membantu menyerap hasil produksi dari unit usaha yang ada, sehingga hambatan terkait dengan pengadaan bahan baku produk dapat teratasi dengan baik melalui hasil yang didapat dari penjualan produk jadiReferences
Biasa, K. M., Tumbel, A. L., & Walangitan, M. D. (2021). Pemanfaatan sistem pemasaran online dan strategi pemasaran dalam menigkatkan pembelian konsumen pada masa pandemic covid-19 (study kasus online shop Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 948–956.
Dinas Koperasi Usaha Kecil & Menengah Provinsi Jawa Tengah. (2021). Data UMKM per Kab/Kota. https://satudata.dinkop umkm.jatengprov.go.id/data/umkm-kabkota
DJP. (2020). Geliat UMKM di masa pandemi. https://www.pajak.go.id/id/artikel/geliat-umkm-di-kala-pandemi
OECD. (2021). Pandemik covid-19 menghantam keras perekonomian emerging Asia (Vol. 2507, Issue February).
Tim Riset iPrice. (2021). Persaingan toko online di Indonesia per kuartal q4 2021. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce
Fajrillah, F., Purba, Sukarman, & Sirait, Sarida. (2020). SMART ENTREPRENEURSHIP: Peluang Bisnis Kreatif & Inovatif. YayasanKita Menulis.
Firmansyah, M. A. (2020). PENGANTAR E-MARKETING. Qiara Media.
Haryani, P. (2020). Pelatihan Marketplace Bagi Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Bantul. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(1), 78–83.
Mohammad Aldrin Akbar, & Alam, S. N. (2020). E-COMMERCE: Dasar Teori Dalam Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis.
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. In Ghalia Indonesia (Cetakan 10). Ghalia Indonesia.
Rahmatika, R., Dhika, H., & Isnain, N. (2020). Penerapan E-Commerce pada Kelompok PKK di Kelurahan Pabuaran – Cibinong. Jurnal PKM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 218.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). In Alfabeta (Cetakan 10). Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. In Remaja Rosdakarya. Remaja Rosdakarya.
Suryana, U., & Bayu, K. (2011). Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses (Edisi 2). Prenada Media Group.
Udayana, I. P. A. E. D., Wiguna, G., & Mahawab, I. M. A. (2019). Pelatihan Pemasaran Melalui Media Online Pengrajin Waterfall Fountain Miniature Di Desa Getasan 1. Jurnal Ilmiah Populer Widyabhakti, 1(2), 52–58.