PELATIHAN PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU SMPN 23 SEMARANG

Harmini Harmini, Titik Nurhayati

Abstract


Guru dituntut mampu merancang dan mendesain pembelajaran daring yang ringan dan efektif, dengan memanfaatkan perangkat atau media daring yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Walaupun dengan pembelajaran daring akan memberikan kesempatan lebih luas dalam mengeksplorasi materi yang akan diajarkan, namun guru harus mampu memilih dan membatasi sejauh mana cakupan materinya dan aplikasi yang cocok pada materi dan metode belajar yang digunakan Saat ini para guru di SMPN 23 Semarang hanya menggunakan media Whatapps untuk berkomunikasi dengan para siswa dan orang tua siswa, pembelajaran dilakukan dengan memberikan lewat materi yang telah dirangkum oleh guru kepada siswa, selanjutnya memberikan tugas yang harus dikerjakan oleh siswa. Para guru ini mengharapkan adanya pelatihan bagaimana menggunakan aplikasi e-learning seperti edmodo, google classroom atau Microsoft tems, serta bagaimana memberikan penjelasan kepada siswa melalui video conference seperti zoom atau google meeting.

Permasalahan yang dihadapi oleh para guru SMPN 23 Semarang sebenarnya sama dengan yang dihadapi oleh pada Guru di seluruh Indonesia, yaitu bagaimana menggunakan dan memilih peralatan model pembelajaran e-learning yang tepat untuk para siswa, bagaimana membuat media pembelajaran yang interaktif dan informative kepada para siswa. Tujuan dari penggunaan media pembelajaran yang tepat akan memudahkan siswa menerima pelajaran yang diberikan. Kesulitan para guru adalah karena belum dilatih mengunakan peralatan untuk model pembelajaran jarak jauh, sehingga perlu tambahan dukungan dan mentoring untuk menyesuaikan dengan model pembelajaran baru ini.

Solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan mitra adalah memberikan pelatihan kepada Guru SMPN 23 Semarang tentang (1) bagaimana menggunakan peralatan model pembelajaran e-learning seperti penggunaan edmodo, (2)
memberikan pelatihan bagaimana membuat power point yang bisa merekam suara guru saat memberikan penjelasan sehingga pembelajaran menjadi lebih interaktif dan informatif. Pelatihan dilaksanakan dengan waktu selama 2 jam. Luaran lain yang dihasilkan adalah jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, HAKI Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, publikasi video pelaksanaan Pengabdian melalui Youtube.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v1i2.3520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia