PELATIHAN PENYUSUNAN SCRIPT PROMOSI BAGI UMKM KECAMATAN TEMBALANG

Errika Dwi Setya Watie, Fajriannoor Fanani, Ami Saptiyono

Abstract


Tantangan persaingan   di dunia Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini makin meningkat, apalagi dengan adanya pandemi covid-19 di Indonesia saat ini berimbas pada makin menjamurnya usaha kecil baru yang muncul. Menghadapi hal tersebut, UMKM telah berusaha   menggunakan berbagai media iklan, namun sayangnya banyak yang belum bisa memamnfaatkan secara   optimal mengingat belum bisa mengelola script promosi agara tampil berbeda dari pesaingnya.

Pelatihan   ini   dilaksanakan   dengan   tim   terdiri   dari   Errika   D.S.W (advertising),   Fajriannoor     Fanani (komunikasi massa), Ami Saptiyono (komunikasi massa). Susunan tim pengabdian tersebut mampu menyusun dan memberikan materi yang tepat bagi sasaran.   Antusiasme sasaran   juga tampak baik yang dibuktikan dengan interaksi yang terjadi selama pelatihan yang masing masing mengkonsultasikan produknya.


Full Text:

PDF

References


Anonymous. (2020). Daftar UMKM Kota Semarang. Semarangkota.Go.Id. https://iumk.semarangkota.go.id/v2/grid_umkm_publik/

Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada Media Group.

Gupta, P., & Singh, S. (2020). Brand Advocacy and Brand Bonding: New Parameters in Consumer Purchase Decision Journey in The Digital World [ITM Business School]. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.22854.91203

Leonard, K. (2019). How to Write an Advertising Script. Chron. https://smallbusiness.chron.com/write- advertising-script-56227.html

Malik, T. G., & Alam, R. (2019). Comparative Analysis Between Pretest/Post-test Model and Post-test-only Model in Achieving the Learning Outcomes. Pakistan Journal of Ophthalmology, 35(1), 4 9. https://doi.org/10.36351/pjo.v35i1.855

Priyanto, D. (2012). Cara kilat belajar analisis data dengan SPSS 20 (1st ed.). Penerbit Andi. Santoso, S. (2014). Statistik Multivariat (revition). PT Elex Media Komputindo.

Sarkum, S. (2020). Dissecting Changes in Consumer Characteristics through Psychographics. In U. Ayman

& A. K. Kaya (Eds.), Promotion and Marketing Communications (pp. 151 257). IntechOpen Limited. https://doi.org/10.5772/intechopen.89635

Widianto, W. (2020, July 12). Bantu UMKM Pasarkan Produk, Aplikasi Pangan Diluncurkan. Tribun Bisnis. https://www.tribunnews.com/bisnis/2020/07/12/bantu-umkm-pasarkan-produk-aplikasi-pangan- diluncurkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v2i1.3152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia