https://journal.unram.ac.id/sbo/
Pelatihan TOEFL: Strategi Menjawab Soal-Soal TOEFL bagi Peserta Didik SMK Nusaputera 2 Semarang | Rosaria | TEMATIK

Pelatihan TOEFL: Strategi Menjawab Soal-Soal TOEFL bagi Peserta Didik SMK Nusaputera 2 Semarang

Stefani Dewi Rosaria, Rati Riana, Yessi Aprilia Waluyo, Tumanda Tamba

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan melalui sebuah kegiatan yang berjudul Pelatihan TOEFL: Strategi Menjawab Soal-Soal TOEFL Bagi Peserta Didik SMK Nusaputera 2 Semarang. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para peserta didik untuk mencapai skor minimal TOEFL, yaitu 450. Metode diskusi, tanya jawab, dan praktik digunakan dalam kegiatan pengabdian ini.. Selain itu, kegiatan ini juga untuk memberikan wawasan kepada para peserta didik mengenai cara menjawab soal-soal TOEFL dengan menggunakan strategi atau trik di setiap bagian soal TOEFL, yaitu listening, structure, dan reading. Peserta yang menjadi sasaran pelatihan ini berasal dari peserta didik kelas XI SMK Nusaputera 2 Semarang. Prosedur kegiatan ini meliputi pemberian pre-test bagi peserta, diskusi teori dan praktik, dan pemberian post-test sebagai instrumen yang digunakan untuk mengevaluasi hasil kegiatan pengabdian ini. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini memperlihatkan bahwa pelatihan TOEFL bagi para peserta didik SMK Nusaputera 2 sangat bermanfaat dan membantu mereka untuk mengenal dan mengetahui TOEFL lebih baik. Hal ini dikarenakan para peserta didik sebelumnya belum pernah mendapatkan pembekalan atau pelatihan TOEFL. Antusiasme dari para peserta didik sangat tinggi dalam mengikuti simulasi tes TOEFL, juga ketika pembahasan strategi menjawab soal-soal TOEFL dipaparkan oleh tim pengabdi. Pretes dan post-tes menunjukkan peningkatan pemahaman para peserta didik saat mengerjakan soal-soal tes TOEFL. Menurut mereka soal yang dianggap paling sulit adalah soal structure and written expression. Bagian ini dianggap paling susah karena banyak teori yang harus dipahami.

 


Keywords


TOEFL, pelatihan, strategi, trik, tips

Full Text:

PDF

References


A.M, Muhaimin. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

-----------------. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto, Daryanto. 2002. Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Tim Renstra Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Semarang. 2021. Semarang: Universitas Semarang Press

Usman, M.U. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v4i2.10287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia