https://journal.unram.ac.id/sbo/
Pengenalan Literasi Keuangan Bagi Umkm Di Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang | rachmawati | TEMATIK

Pengenalan Literasi Keuangan Bagi Umkm Di Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang

windasari rachmawati, Abdul Karim, Novianto Noegroho

Abstract


Permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM di Wilayah Kelurahan Sumurboto Kecamatan Banyumanik Kota Semarang, masih lemah dan sempitnya pelaku UMKM dalam mengelola keuangan dagangan. Masih banyak para pelaku UMKM tidak memahami keuangan secara luas.

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk membantu memberikan literasi keuangan bagi UMKM di Kelurahan Sumurboto yang terdampak pandemi COVID 19. Dengan adanya kondisi pandemi ini maka UMKM di tuntut untuk bertahan agar terhindar dari kebangkrutan.

Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu dengan memberikan pelatihan secara langsung dengan tutorial dilapangan dengan mengajarkan cara menerapkan pembuatan laporan keuangan atau literasi keuangan. Hasil yang diharapkan yaitu pemahaman keuangan UMKM di Kelurahan Sumurboto mendapatkan cara enerapan laporan keuangan yang baik dan tentunya umkm mampu memprediksi harga jual dan laba atau keuntungan produk yang umkm pasarkan.


Keywords


Literasi keuangan, Laporan Keuangan, Keuntungan

Full Text:

PDF

References


Aribawa, D. (2016). Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja dan keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1), 1–13. https://doi.org/10.20885/jsb.vol20.iss1.art1

Bruce, E., Shurong, Z., Ying, D., Yaqi, M., Amoah, J., & Egala, S. B. (2023). The Effect of Digital Marketing Adoption on SMEs Sustainable Growth: Empirical Evidence from Ghana. Sustainability, 15(6), 4760. https://doi.org/10.3390/su15064760

Cohen, S., Naoum, V. C., & Vlismas, O. (2014). Intellectual capital, strategy and financial crisis from a SMEs perspective. Journal of Intellectual Capital, 15(2), 294–315. https://doi.org/10.1108/JIC-11-2013-0110

Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. D. E., Handoko, A. L., Putra, R. S., Wijoyo, H., Ari-Yanto, A., & Jihadi, M. (2022). The effect of digital marketing, digital finance and digital payment on finance performance of indonesian smes. International Journal of Data and Network Science, 6(1), 37–44. https://doi.org/10.5267/J.IJDNS.2021.10.006

Eresia-Eke, C. E., & Raath, C. (2013). SMME Owners’ financial literacy and business growth. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(13), 397–406. https://doi.org/10.5901/mjss.2013.v4n13p397

Kunttu, A., & Torkkeli, L. (2015). Service innovation and internationalization in SMEs: Implications for growth and performance. Source: Management Revue, 26(2), 83–100. https://doi.org/10.1688/mrev-2015-02-Kunttu

Mapping the Creative industries: a toolkit. (n.d.).




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v4i2.10059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia