KOMPARASI BIAYA OPRASIONAL POMPA AIR BAHAN BAKAR LISTRIK PADA LAHAN IRIGASI DESA MULYOREJO BOJONEGORO

mohammad zainul ikhwan, Amanda Pradhani Yanwar

Abstract


Air merupakan kebutuhan utama mahluk hidup. Kegunaan air yang bersifat universal atau menyeluruh dari setiap aspek kehidupan menjadi semakin berharga baik secara kuantitas maupun kualitas. Pengelolaan sumber daya air untuk penyelenggaraan irigasi berkaitan dengan keberlangsungan sistem irigasi dalam rangka pemenuhan kebutuhan pangan yang terus meningkat. Untuk menjaga keberlangsungan sistem irigasi memerlukan biaya operasional untuk terus menjalankan   pengelolaan sumber daya air irigasi untuk mendukung kegiatan pengelolaan irigasi. Di desa Mulyorejo terdapat pengelolaan jasa irigasi pompa yang mengambil sumber air bengawan solo yang terletak tepat di utara desa Mulyorejo. Di dalam rumah pompa tersebut terdapat 2 pompa sentrifugal dengan merk torishima pump yang berkapasitas besar, saat ini pengguna jasa irigasi pompa hanya areal persawahan masyarakat desa Mulyorejo, Hasil dari penelitian kali ini adalah kebutuhan air areal persawahan 65 Ha desa Mulyorejo sebesar 1.012 m ³/h, kapasitas pompa 1.102 m ³/h, dan jam operasional pompa dalam satu kali musim panen 1.152 jam. Dan jumlah biaya operasional dalam satu kali musim panen sebesar Rp. 147.043.420 Dengan besarnya kapasitas pompa dan banyaknya ketersediaan air, perlu pengembangan luas areal persawahan yang teraliri jasa irigasi pompa, dengan membuka komunikasi ke petani di samping kiri ataupun kanan desa, guna memanfaatkan kelebihan air dari kapasitas pompa.


Keywords


Irigasi, Pompa Air, Operasional Mesin

Full Text:

PDF

References


Huda M. N. 2012. Kajian sistem pemberian air irigasi sebagai dasar penyusunan jadwal rotasi pada daerah irigasi tumpang pada daerah kabupaten malang. Studi Akhir tidak dipublikasikan. Malang Universitas Brawijaya. (cynthia rahma. Makalah tinjauan faktor pendukung rencana sistem pembagian air irigasi berbasis FPR).

PER MEN RI No. 20 tahun 2006 tentang Irigasi. BAB VIII Pengembangan jaringan irigasi, bagian kesatu Pembangunan jaringan irigasi pasal 48.

Peraturan Menteri Pertanian No. 14, 2009, Pengaturan Ukuran Drainase Berdasarkan Jenisnya.

DPU Tingkat I Jawa Timur 1997. Tentang pola tanam FPR.

Torishima (1994). Torishima Pump Hand Book. PT Torishima Guna Indonesia. Jakarta.

Grundfos (2012). Pedoman Perawatan dan Pengoperasian Pompa. PT Grundfos Pompa. Rawasumur. Kawasan Industri Pulogadung. Jakarta.

Yudiono dkk, (2018) Analisis Biaya untuk pemilihan Sumber Daya Listrik Utama Rumah Pompa Greges.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/teknika.v17i1.4310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.