STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PADA SHOFA CATERING)

Authors

  • Wiki Sulistyaningsih Fakultas Ekonomi Universitas Semarang
  • Teguh Ariefiantoro Fakultas Ekonomi Universitas Semarang
  • Edy Suryawardana Fakultas Ekonomi Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26623/slsi.v18i4.2908

Abstract

Penelitian ini dilakukan di usaha Shofa Catering Wolter Monginsidi Pedurungan Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan Shofa Catering dalam meningkatkan volume penjualan dan cara bagaimana menghadapi sebuah persaingan pada usaha yang sejenis. Strategi yang digunakan oleh Shofa Catering ialah menggunakan bauran pemasaran 4p yaitu  product, price, promotation, place.

                      Penelitian ini menggunakan metode kualitatif , dalam penelitian ini menggunakan Uji Kedibilitas data berupa trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Dengan jumlah informan 5 orang yang meliputi pemilik, 2 karyawan, dan 2 konsumen. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa strategi pemasaran yang menggunakan 4p yaitu product, price, promotation, place, strategi yang digunakan oleh pengusaha sudah berjalan dengan baik. Dimana keempat variabel ini saling mendukung dan melengkapi, sehingga dapat meningkatkan volume penjualan Shofa Catering.

 

Kata Kunci : Bauran Pemasaran 4p, Volume Penjualan

Author Biographies

  • Wiki Sulistyaningsih, Fakultas Ekonomi Universitas Semarang
    Fakultas Ekonomi Universitas Semarang
  • Teguh Ariefiantoro, Fakultas Ekonomi Universitas Semarang
    Fakultas Ekonomi Universitas Semarang
  • Edy Suryawardana, Fakultas Ekonomi Universitas Semarang
    Fakultas Ekonomi Universitas Semarang

Downloads

Published

2020-11-16

Issue

Section

Articles