Analisis Rasa Kepercayaan dan Komunikasi Yang Efektif Dalam Pengambilan Keputusan Konsumen

Nopiliani Nopiliani, Gegen Gegen, Indah Noviyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rasa kepercayaan dan komunikasi yang efektif terhadap pengambilan keputusan pembelian konsumen dalam konteks belanja konvensional. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer, dengan menyebarkan kuesioner melalui google form kepada konsumen yang melakukan belanja konvensional. Penelitian ini menguji dua hipotesis yang mengasumsikan bahwa rasa kepercayaan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen dan komunikasi efektif berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Sebagai objek penelitian, sebanyak beberapa orang konsumen yang pernah melakukan pembelian konvensional dilibatkan di Universitas Bangka Belitung, dengan sampel penelitian sebanyak 30 responden. Analisis data menggunakan metode indeks dan regresi linier berganda dengan Program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua hipotesis didukung. Kepercayaan dan komunikasi yang efektif terbukti secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dalam model regresi, koefisien untuk variabel kepercayaan dan komunikasi efektif menunjukkan pengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya membangun kepercayaan konsumen terhadap penjual serta mengoptimalkan komunikasi yang efektif untuk mendorong keputusan pembelian dalam konteks belanja konvensional. Penjual disarankan untuk menerapkan strategi guna meningkatkan kepercayaan dan komunikasi efektif agar dapat memberikan dampak positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi praktisi bisnis dalam merancang strategi pemasaran dan komunikasi untuk meningkatkan penjualan. Meski demikian, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan dengan menambah ukuran sampel yang lebih besar dan eksplorasi faktor-faktor lain dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif.


Keywords


Belanja Konvensional; Kepercayaan; Keputusan Konsumen; Komunikasi Efektif

Full Text:

PDF

References


Akhtar, N., Husnain, M., & Naveed, S. (2020). Gaining consumer trust through firm-created social media communication. Journal of Consumer Behaviour, 19(4), 349–364.

Annisya, Ramadhany, T., & Susanti, R. (2021). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Offline. Jurnal EMA, 1(2), 97–107.

Baack, D. W., & Carr, J. C. (2021). Integrated marketing communications. SAGE Publications.

Bao, Y., Bao, Y., & Sheng, S. (2021). Motivating purchase decisions through social rapport: Evidence from a field experiment. Journal of Retailing, 97(2), 227–244.

Cuong, P. H., & Khoi, B. H. (2022). The impact of trust on customer loyalty: The roles of perceived value and customer satisfaction. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 9(1), 267–277.

Delima, M. K., & Humaidi, M. A. (2020). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Membeli Buku Oleh Masyarakat Pada Gramedia Banjarmasin Veteran. Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.31602/jm.v3i1.3526

Desmaayanti, R., & Budiastuti, D. (2019). Analisis gaya hidup, penyampaian informasi dan kelompok referensi dalam pengambilan keputusan pembelian produk. Ekonomi Bisnis, 23(1), 1–14.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Seri Pustaka Kunci 12 (5th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Firdaus, A., & Ariyanti, M. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Langsung. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(4), 848–857.

Hoyer, W. D., Macinnis, D. J., & Pieters, R. (2021). Consumer behavior (8th ed.). Cengage Learning.

Kamdjoug, J. R. K., Wamba, L. G., & Wamba, S. F. (2021). Determinants of customer relationship management and organizational performance in the banking industry. Journal of Enterprise Information Management, 34(5), 1357–1382. https://doi.org/10.1108/JEIM-12-2020-0515

Kang, J., & Sohaib, O. (2021). Role of trust and effective communication in the consumer decision-making process for organic food purchase. British Food Journal, 123(1), 206–220. https://doi.org/10.1108/BFJ-05-2020-0414

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Education.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2012). Perilaku Konsumen dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Erlangga.

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3594/3325

Ogbeide, O. A., Fenegan, J. R., & Akinlabi, B. H. (2021). Organizational communication strategies and customer service delivery in the banking industry. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 12(1), 1–16.

Ramadhan, A., Harapan, A., & Yulinda, Y. (2022). Pengaruh kepercayaan dan komunikasi terhadap keputusan pembelian secara online pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(2), 165–179.

Rani, N., & Sharma, S. (2021). Role of trust and risk in adoption of e-commerce by consumers. Paradigm, 25(1–2), 33–49. https://doi.org/10.1177/09718907211058786

Regina, N., Baskara, D., & Nurwidawati, D. (2023). Hubungan antara Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Pelanggan E-commerce The Relationship between Consumer Trust and Purchasing Decisions in E- commerce Customers Abstrak. Jurnal Penelitian Psikologi |, 10(02), 1001–1013.

Sakti, A. P. R. M., & Mujanah, S. (2021). Pengaruh Kepercayaan dan Komunikasi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian di Toko Konvensional. JBMA, 8(1), 112–124.

Salim, H. S., Goh, T. S., & Margery, E. (2022). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Pt. Furnilux Indonesia. Jurnal Bisnis Kolega, 8(1). https://doi.org/10.57249/jbk.v8i1.75

Santoso, T. Y. (2021). Tips Membangun Kepercayaan Konsumen Bagi Pebisnis Pemula. Stekom.

Saputra, R. S., & Dewi, C. K. (2022). The impact of perceived risk, perceived benefit, and customers’ attitude toward purchase intention of organic food during the COVID-19 pandemic. Journal of Socioeconomics and Development, 5(1), 82–93. https://doi.org/10.31328/jsed.v5i1.2679

Sari, K. A. P., & Noviari, N. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Risiko dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Toko Fisik. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 15(2), 133–144.

Scholz, J., & Duffy, K. (2022). The digital-first path to consumer trust. Journal of Marketing, 86(4). https://doi.org/10.1177/00222429221095017

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99

Sönmez, B., & Çavuşoğlu, B. (2019). Building consumer trust in e-retailers through vendor trust and website trust. Journal of Marketing Channels, 25(3–4), 171–187.

Suhartanto, D., Mardhiyah, D., Kurniawati, W., Mohamad, A. A., & Rahayu, A. (2019). Antecedents and consequences of service quality: An empirical study of tourists in Indonesia. Journal of Hospitality and Tourism Insights, 2(2), 137–154. https://doi.org/10.1108/JHTI-09-2018-0059

Voorveld, H. A., Van Noort, G., Muntinga, D. G., & Bronner, F. (2023). The role of message and source characteristics in the effectiveness of social influencers. Journal of Interactive Marketing, 62, 1–18. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2022.12.001

Yen, C. H., & Teng, H. Y. (2020). Repurchase intention for institutional repositories in university libraries: Roles of perceived risk, trust, and deterred regret. Aslib Journal of Information Management, 72(5), 649–669. https://doi.org/10.1108/AJIM-10-2019-0279

Zhu, W., Sastry, N., & Chen, J. (2022). The role of trust and perceived risk in building customer loyalty in sharing economy services. Journal of Business Research, 141, 64–78. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.12.015




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v22i3.9276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nopiliani Nopiliani, Gegen Gegen, Indah Noviyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id