Peran Mediasi Kepuasan dalam Meningkatkan Loyalitas Penumpang Kapal
Abstract
Pelayaran adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan angkutan di peraiaran, ke pelabuhan, serta keamanan dan keselamatannya. Salah satu Perusahaan transportasi laut yang ada di Indonesia adalah PT.Pelayaran Indonesia (PELNI). Dari data terlihat bahwa terjadi kenaikan jumlah penumpang di tahun 2021 dan 2023, serta pada tahun 2023 sampai dengan bulan Agustus telah mencapai 95.086 penumpang. Latar belakang tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai Pengaruh Kualitas Layanan dan Customer Experience Terhadap Loyalitas yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pada Penumpang Kapal di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Dalam penelitian ini, terdapat 2 variabel independen (X1) dan (X2), satu variabel intervening (Z) dan satu variabel dependen (Y).Di dalam penelitian ini, sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan Teknik accidental sampling. Dalam penelitian ini, menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian diperoleh banwa Variabel Kualitas layanan dan customer experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Hal ini dapat diartikan bahwa jika kualitas layanan dan customer experience semakin baik maka kepuasan akan meningkat. Variabel kualitas layanan dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Hal ini dapat diartikan bahwa jika kualitas layanan semakin baik maka loyalitas akan Meningkat. Begitu juga dengan kepuasan penumpang yang semakin baik maka loyalitas juga akan meningkat. Variabel customer experience tidak berpengaruh terhadap loyalitas. Variabel kepuasan mampu memediasi kualitas layanan terhadap loyalitas. Dan Kepuasan mampu memediasi customer experience terhadap loyalitas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S., Som, A. P. M., Wadood, F., & Alzaidiyeen, N. J. (2010). The Revitalization of Service Quality to Gain Customer Satisfaction and Customer Loyalty. International Journal of Business and Management, Vol.5, No.6, 113-122. http://doi.org/10.5539/ijbm.v5n6p113
Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Azhari, M. I,. Fanani, D., & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan KFC Kawi Malang). Journal Administrasi Bisnis (JAB). Vol.28, No. 1, 143-148.
Fahmi, Fikri Nor, 2012. Kualitas Layanan Terhadap kepuasan Konsumen Pada Toko Buku Gramedia Lembuswana di Samarinda. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman.
https://www.detik.com/jateng/bisnis/d-6777529/naik-mulai-1-juli-2023-ini tarif-terbaru-kapal-pelni-via-semarang
https://www.infopublik.id/kategori/nasional-ekonomi-bisnis/622741/pelni-siapkan-49-ribu-kursi-angkutan-lebaran-2022?show=
Halim, A, & Supomo, B. 2009. Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran, analisis perencanaan pengendalian. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane, Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1 Jakarta: Erlangga
Kurniawan, Albert. 2014. Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis : Teori, konsep, dan praktek Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Rangkuti, Freddy. 2006. Measuring Customer Satisfaction: Gaining Customer Relationship Strategy. Jakarta: Pt. Gramedia Pusaka Utama.
Rangkuti, Freddy.2013. Strategi Promosi yang Efektif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pusaka Utama.
Sachro, & Pudjiastuti, S. R. (2013). The Effect Service Quality to Customer Satisfaction And Customer Loyalty Of Argo Bromo Anggrek Train Jakarta-Surabaya in Indonesia. IQSR Journal Of Business And Management (IQSR-JBM), E-ISSN: 2278-487X, P-ISSN: 2319-7668, Vol.12, (1), 33-38
Sugiyono. 2016. Metode apenelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta. Sujarweni, V. Wiratna.2015. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v22i3.9065
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nurul Juwariyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SOLUSI Published by : Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan Semarang City, Central Java - Indonesia P-ISSN : 1412-5331 E-ISSN : 2716-2532 Email : solusi@usm.ac.id |