PENGARUH LIVE STREAMING, KUALITAS PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINESHOP

Charisa Dian Islami, Susanto Santo

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya penjualan produk toko online Efabric selama 3 tahun berturut-turut. Efabric adalah salah satu online shop di bidang fashion muslim yang cukup terkenal di Kota Semarang. Efabric berdiri sejak tahun 2015 dan sudah memiliki pelanggan tetap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh media live streaming online shop, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada toko online Efabric. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Efabric. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa live streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian artinya semakin intensif penggunakan media live streaming akan meningkatkan keputusan pembelian, maka perlu penggunaan media live streaming secara intensif. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, artinya semakin baik kualitas produk toko online Efabric, maka akan meningkatkan keputusan pembelian, maka perlu upaya peningkatan kualitas produk pada toko online Efabric. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. artinya semakin bagus citra merek toko online Efabric maka akan meningkat keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi dari ketiga variabel tersebut terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 68,9 persen dan sisanya sebesar 31,1 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Live streaming; Product quality; Brand image; Purchasing decisions.

Full Text:

PDF

References


Aini, E. N., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Bisnis : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(1), 17. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i1.6712

Arisena, A., Suseno, G. P., & Fahreza, M. (2023). Peran Penggunaan Website dan Kualitas Produk dalam Keputusan Pembelian pada Produk Fashion (Vol. 14, Issue 2).

Armine, J., & Dewi, L. (2017). Pengaruh Reliability, Responsiveness, Assurance, Dan Empathy Terhadap Kepuasan Konsumen Flosland. In Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 2, Issue 5).

Handayani, S.R., Absor, U., & Amsirun. (2023). Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani Pada Kalangan Siswa Di Smp Pgri Brebes. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggalia. Strategik-Jurnal Manajemen. XI (1), 1–017. http://ejurnal.stiewidyamanggalia.ac.id

Christy, S. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Peran Influencer, Dan Fitur Live Streaming Sebagai Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Melalui Aplikasi Tiktok. Skripsi. Tangerang: Universitas Buddhi Dharma.

Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs E-Commerce Zalora Di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663

Fahrezi, A., & Sukaesih, U. (2023). Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (Snpk) Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Aldo (Studi Kasus Di Pondok Indah Mall Jakarta).

Fathurrohman, D., Nurlenawati, N., Triadinda, D., Ekonomi, F., Bisnis, D., Buana, U., & Karawang, P. (2023). The Influence of Live Streaming and Customer Rating on Purchasing Decisions For Kenan Hijab on Tiktok Pengaruh Live Streaming dan Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Hijab Kenan di Tiktok. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 5). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Manajemen, J., & Yanu Alif Fianto, A. (2020). The antecedents of purchase decision for hijab fashion products. Jurnal Manajemen, 12(1), 154–165. Http://Journal.Feb.Unmul.Ac.Id/Index.Php/Jurnalmanajemen

Najiyah, F., & Asas, F. (2021). JUMANSI : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi Medan Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion Muslim Rabbani. https://jurnal.itscience.org/index.php/jumansi

Purnamawati, I. A. Pt. S., Wianto Putra, I. M., & Wahyuni, N. M. (2022). The Effect of Brand Image on Online Purchase Decision with Mediation Word of Mouth on Fashion Products in Denpasar-Bali Province. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA, 9(1), 90–98. https://doi.org/10.22225/jj.9.1.2022.90-98

Purnomo, V. S. (2023). “Pengaruh Kualitas, Harga, Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fort.Id.” In Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 8, Issue 3).

Rachmat Prasetya, F., Suhud, U., & Aditya, S. (2023). Menguji Faktor–Faktor Determinasi Belanja Produk Fashion Apparel Saat Live Streaming Di Media Sosial. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(5), 1349–1364. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i5.647

Sumarliah, E., Usmanova, K., Mousa, K., & Indriya, I. (2022). E-commerce in the fashion business: the roles of the COVID-19 situational factors, hedonic and utilitarian motives on consumers’ intention to purchase online. International Journal of Fashion Design, Technology and Education, 15(2), 167–177. https://doi.org/10.1080/17543266.2021.1958926

Zhu, K. (2022). Analysis of the Effect and Changes of Social Media Live Streaming (pp. 3220–3226). https://doi.org/10.2991/978-2-494069-31-2_378

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta : ANDI.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS. Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Suharyadi & Purwanto. (2016). Statistika untuk ekonomi dan keuangan modern (Ed.3 Buku 1). Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v22i2.9027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Charisa Dian Islami, Susanto Santo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id