MENGUNGKAP KEBERHASILAN USAHA (STUDI KASUS PADA DARWANTO AUTO SERVICE SEMARANG)

Tri Setyo Ningsih, Teguh Ariefiantoro

Abstract


Usaha bengkel mobil merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan di Indonesia. Namun, tidak semua bengkel mobil dapat bertahan dan mencapai kesuksesan. Penelitian ini bertempat di bengkel mobil Darwanto Auto Service Semarang yang berlokasi di jalan Kudan VII Tlogomulyo, Pedurungan, Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor yang menjadi kunci keberhasilan bengkel Darwanto Auto Service Semarang.

Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menjadi kunci keberhasilan bengkel Darwanto Auto Service Semarang adalah 1. Kualitas pelayanan Bengkel Darwanto Auto Service Semarang memberikan pelayanan yang baik, cepat, dan tepat. Pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh bengkel ini. 2. Kualitas sumber daya manusia Bengkel Darwanto Auto Service Semarang memiliki tenaga kerja yang kompeten dan profesional dalam bidang otomotif. Tenaga kerja yang kompeten dan profesional dapat memberikan pelayanan yang berkualitas dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. 3. Strategi pemasaran Bengkel Darwanto Auto Service Semarang memiliki strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran yang tepat dapat membantu bengkel ini untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa bengkel Darwanto Auto Service Semarang telah berhasil menerapkan strategi yang tepat sehingga dapat mencapai keberhasilan. Faktor-faktor kunci keberhasilan bengkel ini adalah kualitas pelayanan, kualitas sumber daya manusia, dan strategi pemasaran

Keywords


Quality of service; Quality of human resources; Marketing strategy.

Full Text:

PDF

References


Amanda Putra, B., & Toto Raharjo, S. (2022). VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Bengkel Alex Ac Mobil Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(1), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Hasan, G., Lim, J., Fernandes, N., Raymond, R., & Eddison, T. (2023). Analisa Penerapan Manajemen Hubungan Pelanggan Pada UMKM MM. Gemini di Kota Batam. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 747–752. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12506

Indarto, I., & Santoso, D. (2020). Karakteristik Wirausaha, Karakteristik Usaha Dan Lingkungan Usaha Penentu Kesuksesan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 54. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i1.2202

Kayawati, L., & Kurnia, E. (2021). Membangun Citra Merek Sesuai Konsep Syariah. Economic and Business Management International Journal (EABMIJ), 3(03), 39–49. https://mand-ycmm.org/index.php/eabmij/article/view/81

Kurniawati, E., Soelistiyono, A., & Ariefiantoro, T. (2018). Strategi Bertahan Di Tengah Maraknya Toko Modern (Studi Kasus pada Toko Tradisional Bu Yuli di Kelurahan Pendrikan Lor Kecamatan SEmarang Tengah). Journals.Usm.Ac.Id, 16(2), 94–111.

Marlina, P. E., & Susanto, ) ; (2022). Hal 220-229 SOLUSI. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 20(3), 220–229.

Merdika Mansur, D., & Halim Perdana Kusuma Putra, A. (2023). YUME : Journal of Management Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mobil Honda Dealer-Pluit. YUME : Journal of Management, 6(2), 138–151.

Nurrohmah, A., Witjaksono, & Hartoto, E. (2022). Mengungkap Keberhasilan Ud. Makmur Abadi Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 20(4), 342–353.

P. Kotler dan K. Lane, Johny Urbanus Lesnussa, & Montgomery Warbal. (2023). Pengaruh Sikap dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. 4(1), 32–46. https://stia-saidperintah.e-journal.id/ppj

Pradata, D. K., Ratnaningtyas, E. M., & Nurani, R. P. A. (2023). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Bengkel Mobil Eko Autocare di Sleman). ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(3), 148–162. https://doi.org/10.55681/armada.v1i3.425

Safri, N. A., & Pudjoprastyono, H. (2023). Analisis Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Produk Rabbani Store di Surabaya. Widya Manajemen, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v5i1.3073

Saselah, J. D., Koleangan, R. A. M., Kojo, C., Kualitas, P., Dan, P., Pelanggan, K., Saselah, J. D., Koleangan, R. A. M., Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Bengkel Resmi Toyota Service Station Cv. Kombos Cabang Tendean. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 4809–4818.

Suhartini, Y. (2020). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Usaha pada Pedagang Handphone Sepanjang Jalan Moses Yogyakarta. Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 13(2), 821–834. https://doi.org/10.31316/akmenika.v13i2.1023

Syahidin, S., & Adnan, A. (2022). Analisis Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon. Gajah Putih Journal of Economics Review, 4(1), 20–32. https://doi.org/10.55542/gpjer.v4i1.209

William, & Purba, T. (2020). Kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada Bengkel Mazda Di Kota Batam. Jurnal EMBA, 8(1), 1987–1996.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v22i1.8330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tri Setyo Ningsih, Teguh Ariefiantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id