MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UNILEVER DENGAN KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN HARGA

Elisa Teguh Prasetyani, Totok Wibisono

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian yakni menguji kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap meningkatkan keputusan suatu pembelian produk PT Unilever Indonesia Tbk di Kota Semarang. Penelitian ini memiliki hipotesis yaitu harga, kemudian citra merek, serta kualitas produk bepengaruh terhadap keputusan pembelian produk PT Unilever Indonesia Tbk Kota Semarang. Penelitian dibantu dengan kuesioner guna melakukan pengumpulan data, dan analisis yang dilakukan dengan SPSS22, dimana mencakup pengujian validitas, realibilitas, normalitas, asumsi klasik, dilanjut analisis linier berganda, uji t atau pengujian hipotesis dan yang terakhir uji R2 atau pengujian koefisien determinasi. Penggunaan sampel sebanyak 96 responden yang diperoleh berdasarkan metode purposing random sampling. Berdasarkan uji yang dilakukan kualitas produk dan citra merek memiliki pengaruh positif signifikan, dan yang terakhir harga mempengaruhi namun dampaknya kecil terhadap keputusan pembelian produk PT Unilever Indonesia Kota Semarang.


Keywords


Product Quality; Brand Image; Price; Buying decision.

Full Text:

PDF

References


Alfian, C., & Nainggolan, B. M. (2022). Pemasaran Esensi & Aplikasi. SINOMIKA JOURNAL, 363-380.

Amalia, N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 96-104.

Anggraini, N., Barkah, Q., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan CItra Merek Produk Rabbani Di Palembang. Jurnal Neraca, 26-40.

Asriyah, C., & Frianto, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi Lifebuoy (Studi Konsumen di Pondok Pesantren Putri Salafiyah Syafi'iyah Al - Khoiriyah Hasyim Seblak Diwek Jombang). BIMA : Journal of Business and Inovation Management, 271 - 283.

Damayanti, F. (2023). Dampak Citra Merek dan Kualitas Produk dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen pada Pengguna Produk PT. Unilever Indonesia. Jurnal of Applied Business and Banking (JABB) Vol 4 No 1 Maret 2023, 23-36.

Dzulkharnain, E. (2019). Pengaruh Presepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. IQTISHADequilty, 69-80.

Hakim, L., & Saragih, R. (2019). Pengaruh Citra Merek, Presepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen NPK Mutiara Di UD. Barelang Tani Jaya Batam. JURNAL ECOBISMA, 37-53.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Cibitung, Bekasi: Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Ke II. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Rismayati, R. D. (2022). Analisis Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Minat Beli. Derivatif : Jurnal Manajemen, 36-47.

Nasution, S. L., Limbong, C. A., & Nasution, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan Kemudian, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. JURNAL ECOBISMA, 43-53.

Nurhana, S., Rahayu, L. P., & Purwanto, H. (2021). Pengaruh CItra Merk, Kualitas, dan Harga Terhadap Minat Beli Pasta Gigi Pepsodent Pada Masyarakat Kelurahan Ngargosari Di Boyolali. Ekobis : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 173-183.

Octhaviani, S., & Sibarani, H. J. (2021). Pengaruh Citra Merek Produk, Kualitas Produk, Dan Harga Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Kopi Pada Pengguna Aplikasi Grab Food Di Kota Medan. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION, 521-528.

Puspita, Y. D., & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier. Jurnal Sinar Manajemen, 98-104.

Putri, R. (2019). Pengaruh CItra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Unilever di Banda Aceh. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar - Raniry Banda Aceh.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis Kasus, Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama.

Teddy, A., & Zuliestiana, D. A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Gofood Di Kota Bandung. e-Proceeding of Management, 5422-5428.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v22i1.8115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Elisa Teguh Prasetyani, Totok Wibisono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id