PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan, kepercayaan, dan persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan di Bengkel Yoko Motor Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Pengujian data yang digunakan meliputi uji validitas dengan membandingkan r hitung dan r tabel, uji reliabilitas dengan Cronbach Alpha. Uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji multikoloneritas, uji heteroskeditas. Uji analisis regresi linear berganda digunakan untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Dan uji hipotesis dengan uji t, koefisien determinasi (R2 ).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan, kepercayaan dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Bengkel Yoko Motor Semarang. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa faktor kualitas pelayanan, kepercayaan dan persepsi harga adalah hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan agar lebih baik lagi demi tercapai tujuannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dimas Adi Saputra, e. (2020). Pengaruh Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada CV. Saluyu Motor Cabang Kecamatan Bojong Kabupaten Padeglang, 4 (2622-4240).
Ettah, N. P., & Pondaag, J. J. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kepuasan Konsumen Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Mobil Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Univeritas Diponegoro.
Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivate. Univeristas Diponegoro.
Hasan, M. I. (2016). Pokok-pokok Materi Statistik 1(Statistik Deskripstif) (Edisi 2). PT. Bumi Aksara.
Insani, N. A., & Madiawati, P. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 112-122.
Irawan, I., Sulistyono, S., & Tanjung, S. P. (2020). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. SCHNEIDER ELECTRIC–
Istiyawari, L., Hanif, M. R., & Nuswantoro, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Solusi, 19(3), 191-201.
CIKARANG PLANT. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(2), 179-188. Kotler, Philip And Gary Armstrong., 2018., Principle Of Marketing, 17e Global.Edition, Pearson Education Limited, New York.
Lee, S., & Body, A. (t.t.). Perceived Dynamic Princing. Journal of Industrial Management & Data System.
Masruroh, S. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan, Keragaman Produk dan Pengalaman terhadap Loyalitas Pelanggan di Bengkel Bandara Motor Brangkal Mojokerto. Jurnal Ilmu Manajemen (BION), 1(1), 43-54.
Putra, I. K. A. M., Wimba, I. G. A., & Susanti, P. H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi pada CV. Jaya Utama Teknik di Kabupaten Badung. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 1(4), 1279-1291.
Prihatma, G. T., Masitoh, M. R., & Saputra, D. A. (2020). Pengaruh Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cv. Saluyu Motor Cabang Kecamatan Bojong Kabupaten Pandeglang. Jurnal Ekonomi Vokasi, 4(1), 38-54.
Rahmatillah, A. T., Apriyanti, A., & Fauzi, R. U. A. (2022, October). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA JASA SERVICE BENGKEL HENDRA MOTOR NGAWI. In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Vol. 4).
Ramadhany, A., & Supriyono, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada AP Garage (Bengkel Cat & Custom). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 199-206.
SANTOSO, M. B. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA BENGKEL GARUDA MOTOR YOGYAKARTA) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).
Saptutyningsih, E., & Setyaningrum, E. (2019). Penelitian Kuantitatif Metode dan Alat Analisis. Gosyen Publishing.
Saselah, J. D., Koleangan, R., & Kojo, C. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Bengkel Resmi Toyota Service Station CV. Kombos Cabang Tendean. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(4).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif,Kombinasi dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Supertini, Ni Putu Sri, Ni Luh Wayan Sayang Telagawati, and Ni Nyoman Yulianthini. "Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja." Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis 2.1 (2020): 61-73.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 3). ANDI.
Triskayati, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Produk terhadap Loyalitas Pelanggan pada TIKI Cabang Lamongan (The Influence of Service Quality, Price Perception, and Products on Customer Loyalty at TIKI Lamongan Branch) (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v22i1.8054
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Luthfiyah Hilmii Tsania, Murwanto Haris
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SOLUSI Published by : Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan Semarang City, Central Java - Indonesia P-ISSN : 1412-5331 E-ISSN : 2716-2532 Email : solusi@usm.ac.id |