Peran Brand Ambassador Boyband BTS Pada Iklan Gofood Dalam Membangun Brand Awareness

Ismatuz Zakiyyah, Emaya Kurniawati

Abstract


Dalam perkembangan dunia digital sekarang ini penggunaan media sosial sudah merupakan sutau kebutuhan untuk melakukan komunikasi dan mengetahui berbagai informasi tentang berbagai produk yang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga masyarakat akan lebih mudah untuk memenuhi segala kebutuhannya. Penelitian tentang peran brand ambassador BTS pada iklan GoFood dalam membangun brand awareness bertujuan untuk memahami dampak kampanye iklan GoFood yang melibatkan brand ambassador BTS dalam meningkatkan kesadaran merek GoFood di kalangan masyarakat yang selama ini semakin diminati , terutama para penggemar BTS. Penelitian ini akan melibatkan pengguna GoFood yang juga merupakan penggemar BTS sebagai informan kunci. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data akan dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan informan kunci, yaitu pengguna GoFood yang juga merupakan penggemar BTS. Penelitian akan berfokus pada persepsi informan kunci terhadap kampanye iklan GoFood yang melibatkan BTS sebagai brand ambassador, serta pengaruh kampanye tersebut terhadap kesadaran  merek GoFood  dan  keinginan  informan  kunci  untuk  menggunakan layanan   GoFood. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dibuat kesimpulan bahwa brand ambassador dari boyband BTS berperan penting dalam membantu GoFood membangun brand awareness. Dengan menjadi brand ambassador, BTS membantu memperkenalkan merek GoFood kepada jutaan penggemarnya di seluruh dunia, yang kemudian dapat memberikan dampak positif terhadap tingkat brand awareness dan preferensi konsumen terhadap GoFood.

Full Text:

PDF

References


Childers, C. C., Lemon, L. L., & Hoy, M. G. (2019). # Sponsored# Ad: Agency perspective on influencer marketing campaigns. Journal of Current Issues & Research in Advertising, 40(3), 258–274.

Durianto, D., & Sugiarto, T. S. (2017). Strategi menaklukkan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa:(Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.

Gita, D., & Setyorini, R. (2016). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Pada Perusahaan Online Zalora. co. id. EProceedings of Management, 3(1).

Kim, A. J., & Ko, E. (2012). Do social media marketing activities enhance customer equity? An empirical study of luxury fashion brand. Journal of Business Research, 65(10), 1480–1486

Kotler, P., & Keller, L. K. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1 dan 2. Jakarta. Pearson Education, Inc.

Lea-Greenwood, G. (2013). Fashion marketing communications. John Wiley & Sons.

Porter, M. E. (2018). Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Cetakan ke-2. PT. Gelora Aksara Pratama.

Sadrabadi, A. N., Saraji, M. K., & MonshiZadeh, M. (2018). Evaluating the role of brand ambassadors in social media. Journal of Marketing Management and Consumer Behavior, 2(3), 54–70.

Sari, M., & Rinawati, R. (2019). Hubungan antara Brand Ambassador dengan Brand Awareness Mischief Denim.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandun

Tjiptono, F. (2016). Strategi pemasaran. In Yogyakarta: Penerbit ANDI. Penerbit ANDI

Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Jasa. Penerbit Banyumedia Publishing.

Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2019). Social media marketing. Sage.

Warnadi, A. Triyono,. (2019). Manajemen Pemasaran. Deepublish.

Wijoyo, H., Ariyanto, A., & Wongso, F. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i4.7726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI: Journal of business and economic
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id