PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. APF, TBK.

Siti Abdillah Nurhidayah, Dyah Putri Lestari, Gilang Kharisma Putra

Abstract


Era globalisasi, persaingan dalam dunia bisnis sangat cepat, sehingga organisasi dituntut untuk terus bekerja dengan keseriusan untuk mengimbangi daya saing organisasi yang sebenarnya. Kemampuan untuk mengoptimalkan SDM dan manajemen SDM sangat penting untuk setiap bisnis, termasuk pada PT. Asia Pacific Fibers (APF), Tbk. Sehingga, perlu penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui variabel apa saja yang mampu berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari tahu sejauh mana dampak motivasi kerja, disiplin kerja, serta lingkungan kerja pada kinerja karyawan. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Data yang digunakan berupa data primer dengan cara menyebarkan kuesioner kepada karyawan bagian texturizing. Dimana populasinya adalah 133. Sedangkan sample yang digunakan adalah 100 responden. Metode sampling menggunakan purposive sampling. Pada penelitian ini data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan diproses dengan SPSS 26. Temuan menunjukkan t motivasi kerja berdampak terhadap kinerja karyawan senilai 2.924. Secara langsung disiplin kerja berdampak terhadap kinerja karyawan senilai 4.867. Secara langsung lingkungan kerja berdampak terhadap kinerja karyawan senilai 2.926. Secara bersama-sama motivasi kerja, disiplin kerja, dan lingkungan kerja memiliki dampak terhadap kinerja karyawan senilai”31.302. Hasil Adjusted R2 senilai 0,479 menunjukkan besarnya pengaruh dari 3 variabel bebas secara bersama-sama senilai 47,9% dan sisanya senilai 52,1% merupakan variabel lain selain dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Abi, Y. I. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian

Pada KFC Di Kota Bengkulu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(1),

–107. https://doi.org/10.33369/insight.15.1.95-107

Ahyari, A. (2010). Dasar-dasar Manajemen (Edisi 1). Yogyakarta : UGM BPFE.

Apriani, S., & Bahrun, K. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Keputusan

Pembelian Kosmetik Maskara Maybelline. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan

Bisnis (Jmmib), 14–25.

Amaliyah, E. D. E., & Nugroho, B. S. (2022). Improving Personal Financial Management through Financial Technology, Financial Capability, and Spiritual Intelligence as Intervening Variable. Admisi dan Bisnis, 23(1), 57-70.

Asnawi, N. dan Masyhuri. 2009. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Cetakan ke 1.

Malang : UIN-Malang Press

Beno, J., & Irawan, D. N. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pt. Penindo Ii Teluk Bayur Padang. Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim, 20(1), 61-74.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan

pembelian produk Hi Jack sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen),

(1), 17-32.

Ferdinand, A. (2014). METODE PENELITIAN MANAJEMEN (5th ed.). Badan Penerbit

Universitas Diponogoro.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 22. Cetakan

Kedelapan. BP Undip. Semarang

Khoeriyah, N., Yulianto, A., Indriyani, A., Mulyani, I. D., & Aisyah, N. (2019). Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Economics and Management (JECMA), 1(1), 83-91.

Ghozali, Imam (2018). Aplikasi Analisis Multivariat. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hafizh, F. Al, & Oktafani, F. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap

Keputusan Pembelian Ngikan Yuk Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 8(6),

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan

pelanggan. unitomo press.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kusumayanti, K., Ratnasari, S. L., & Hakim, L. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja, Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Daerah Pemerintah Kota Batam. Bening, 7(2), 178-192.

Magefira, D. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt. Brantas Abipraya Kabupaten Luwu Utara (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Palopo). http://repository.umpalopo.ac.id/3163/4/BAB_201820133.pdf#

Mantovani, M. F. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Taman Safari Prigen Pada Baobab Safari Resort. (Unit Bisnis Pt Taman Safari Indonesia) (Doctoral Dissertation, STIE Mahardhika Surabaya). http://repository.stiemahardhika.ac.id/2638/3/16211299%20-%20JURNAL%20MOKHAMAD%20FAIZAL%20MANTOVANI.pdf

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian

Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal

Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795

Nitisemito, A. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pustaka Setia.

Novitasari, D. M. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Produksi PT. Bina Busana Internusa). Retrieved from repository.usm.ac.id: https://repository.usm.ac.id/files/skripsi/B11A/2016/B.131.16.0264/B.131.16.0264-

-Halaman-Persetujuan-20200226105718.pdf

Nugroho, B. S. (2021). Human Resource Performance Improvement Model Design (Case Studi in the Biggest Central Java Automotive Company). Admisi Dan Bisnis, 22(1), 47-60.

Nugroho, B. S., & Setyawan, N. A. (2022). Knowledge Sharing and Employee Performance: the mediating role of Organizational Learning. Admisi dan Bisnis, 23(2), 155-164.

Nurlaila, N., & Nainggolan, W. N. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk

Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome Pada Witel Medan. Jurnal

Akuntansi, Keuangan dan Perpajakan, 4(1), 33-43.

Pahlevi, A. C., & Hadi, M. (2018). Pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap

keputusan pembelian produk shampo Pantene. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(1), 56-61.

Pratama, K. E., & Nurbaya, S. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap

Keputusan Pembelian Di DISTRO OSING DELES BANYUWANGI. J A B Jurnal

Aplikasi Bisnis, 4(2), 495–499. http://jab.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/269

Putri et al. (2019). Pengaruh Brand Image dan Perceived Quality Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Kosmetik La Tulipe di Kota Padang. Jurnal Ecogen 1.4.

Rahman, H. A., & Sitio, A. (2019). the Effect of Promotion and Product Quality Through

Purchase Decision on the Customer Satisfaction of Bohemian Project. Id Products.

International Journal of Engineering Technologies and Management Research,

(January). https://doi.org/10.5281/zenodo.2555331

Rommy, A. S. N., Moh, N. B. H. H., & Nur, A. R. Y. N. (2018). Effect Of Brand Image And

Price Perception On Purchase Decision. Journal of Business and Management, 20(8),

–81. https://doi.org/10.9790/487X-2008027681

Saputra, S., Hidayat, K., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan

Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone (Survei

pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal

Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 50(6), 85–95.

Sastrohadiwiryo, S., & Syuhada, A. H. (2019). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Oprasional, Cetakan Pertama edisi revisi, PT. Bumi Aksara, Rawamangun.

Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Soejarminto, Y., & Hidayat, R. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Star Korea Industri MM2100 Cikarang. IKRAITH-EKONOMIKA, 6(1), 22-32.

Soim, F. M., & Abdillah, Y. (2016). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian

(Studi pada pembeli kartu perdana simPATI di Booth Telkomsel Matos). Jurnal

Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 35(1)

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swasty, W. (2016). Branding Memahami dan Merancang Strategi Merek. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Rachmawati, A., Kana, A. A., & Anggarini, Y. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan

Gaya Hidup terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Hijab di Nadiraa Hijab

Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2).

Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. CV Andi Offset.

Wijaya, L. A., & Laily, N. (2021). Pengaruh disiplin kerja dan kompensasi terhadap kinerja karyawan melalui motivasi sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 10(4).

Yulianti, N. M. D. R. (2020). Pengaruh Brand Image, Green Marketing Strategy, Dan

Emotional Desire Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mcdonald’s. Jurnal Ilmiah

Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 70-80.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i4.7240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Abdillah Nurhidayah, Dyah Putri Lestari, Gilang Kharisma Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id