PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. APF, TBK.
Abstract
Era globalisasi, persaingan dalam dunia bisnis sangat cepat, sehingga organisasi dituntut untuk terus bekerja dengan keseriusan untuk mengimbangi daya saing organisasi yang sebenarnya. Kemampuan untuk mengoptimalkan SDM dan manajemen SDM sangat penting untuk setiap bisnis, termasuk pada PT. Asia Pacific Fibers (APF), Tbk. Sehingga, perlu penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui variabel apa saja yang mampu berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari tahu sejauh mana dampak motivasi kerja, disiplin kerja, serta lingkungan kerja pada kinerja karyawan. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Data yang digunakan berupa data primer dengan cara menyebarkan kuesioner kepada karyawan bagian texturizing. Dimana populasinya adalah 133. Sedangkan sample yang digunakan adalah 100 responden. Metode sampling menggunakan purposive sampling. Pada penelitian ini data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan diproses dengan SPSS 26. Temuan menunjukkan t motivasi kerja berdampak terhadap kinerja karyawan senilai 2.924. Secara langsung disiplin kerja berdampak terhadap kinerja karyawan senilai 4.867. Secara langsung lingkungan kerja berdampak terhadap kinerja karyawan senilai 2.926. Secara bersama-sama motivasi kerja, disiplin kerja, dan lingkungan kerja memiliki dampak terhadap kinerja karyawan senilai”31.302. Hasil Adjusted R2 senilai 0,479 menunjukkan besarnya pengaruh dari 3 variabel bebas secara bersama-sama senilai 47,9% dan sisanya senilai 52,1% merupakan variabel lain selain dalam penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abi, Y. I. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian
Pada KFC Di Kota Bengkulu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(1),
–107. https://doi.org/10.33369/insight.15.1.95-107
Ahyari, A. (2010). Dasar-dasar Manajemen (Edisi 1). Yogyakarta : UGM BPFE.
Apriani, S., & Bahrun, K. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Keputusan
Pembelian Kosmetik Maskara Maybelline. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan
Bisnis (Jmmib), 14–25.
Amaliyah, E. D. E., & Nugroho, B. S. (2022). Improving Personal Financial Management through Financial Technology, Financial Capability, and Spiritual Intelligence as Intervening Variable. Admisi dan Bisnis, 23(1), 57-70.
Asnawi, N. dan Masyhuri. 2009. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Cetakan ke 1.
Malang : UIN-Malang Press
Beno, J., & Irawan, D. N. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pt. Penindo Ii Teluk Bayur Padang. Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim, 20(1), 61-74.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan
pembelian produk Hi Jack sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen),
(1), 17-32.
Ferdinand, A. (2014). METODE PENELITIAN MANAJEMEN (5th ed.). Badan Penerbit
Universitas Diponogoro.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 22. Cetakan
Kedelapan. BP Undip. Semarang
Khoeriyah, N., Yulianto, A., Indriyani, A., Mulyani, I. D., & Aisyah, N. (2019). Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Economics and Management (JECMA), 1(1), 83-91.
Ghozali, Imam (2018). Aplikasi Analisis Multivariat. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hafizh, F. Al, & Oktafani, F. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap
Keputusan Pembelian Ngikan Yuk Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 8(6),
Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan
pelanggan. unitomo press.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kusumayanti, K., Ratnasari, S. L., & Hakim, L. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja, Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Daerah Pemerintah Kota Batam. Bening, 7(2), 178-192.
Magefira, D. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt. Brantas Abipraya Kabupaten Luwu Utara (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Palopo). http://repository.umpalopo.ac.id/3163/4/BAB_201820133.pdf#
Mantovani, M. F. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Taman Safari Prigen Pada Baobab Safari Resort. (Unit Bisnis Pt Taman Safari Indonesia) (Doctoral Dissertation, STIE Mahardhika Surabaya). http://repository.stiemahardhika.ac.id/2638/3/16211299%20-%20JURNAL%20MOKHAMAD%20FAIZAL%20MANTOVANI.pdf
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian
Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal
Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795
Nitisemito, A. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pustaka Setia.
Novitasari, D. M. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Produksi PT. Bina Busana Internusa). Retrieved from repository.usm.ac.id: https://repository.usm.ac.id/files/skripsi/B11A/2016/B.131.16.0264/B.131.16.0264-
-Halaman-Persetujuan-20200226105718.pdf
Nugroho, B. S. (2021). Human Resource Performance Improvement Model Design (Case Studi in the Biggest Central Java Automotive Company). Admisi Dan Bisnis, 22(1), 47-60.
Nugroho, B. S., & Setyawan, N. A. (2022). Knowledge Sharing and Employee Performance: the mediating role of Organizational Learning. Admisi dan Bisnis, 23(2), 155-164.
Nurlaila, N., & Nainggolan, W. N. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk
Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome Pada Witel Medan. Jurnal
Akuntansi, Keuangan dan Perpajakan, 4(1), 33-43.
Pahlevi, A. C., & Hadi, M. (2018). Pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap
keputusan pembelian produk shampo Pantene. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(1), 56-61.
Pratama, K. E., & Nurbaya, S. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap
Keputusan Pembelian Di DISTRO OSING DELES BANYUWANGI. J A B Jurnal
Aplikasi Bisnis, 4(2), 495–499. http://jab.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/269
Putri et al. (2019). Pengaruh Brand Image dan Perceived Quality Terhadap Keputusan
Pembelian Produk Kosmetik La Tulipe di Kota Padang. Jurnal Ecogen 1.4.
Rahman, H. A., & Sitio, A. (2019). the Effect of Promotion and Product Quality Through
Purchase Decision on the Customer Satisfaction of Bohemian Project. Id Products.
International Journal of Engineering Technologies and Management Research,
(January). https://doi.org/10.5281/zenodo.2555331
Rommy, A. S. N., Moh, N. B. H. H., & Nur, A. R. Y. N. (2018). Effect Of Brand Image And
Price Perception On Purchase Decision. Journal of Business and Management, 20(8),
–81. https://doi.org/10.9790/487X-2008027681
Saputra, S., Hidayat, K., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan
Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone (Survei
pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal
Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 50(6), 85–95.
Sastrohadiwiryo, S., & Syuhada, A. H. (2019). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Oprasional, Cetakan Pertama edisi revisi, PT. Bumi Aksara, Rawamangun.
Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.
Soejarminto, Y., & Hidayat, R. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Star Korea Industri MM2100 Cikarang. IKRAITH-EKONOMIKA, 6(1), 22-32.
Soim, F. M., & Abdillah, Y. (2016). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian
(Studi pada pembeli kartu perdana simPATI di Booth Telkomsel Matos). Jurnal
Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 35(1)
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Swasty, W. (2016). Branding Memahami dan Merancang Strategi Merek. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Rachmawati, A., Kana, A. A., & Anggarini, Y. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan
Gaya Hidup terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Hijab di Nadiraa Hijab
Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2).
Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. CV Andi Offset.
Wijaya, L. A., & Laily, N. (2021). Pengaruh disiplin kerja dan kompensasi terhadap kinerja karyawan melalui motivasi sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 10(4).
Yulianti, N. M. D. R. (2020). Pengaruh Brand Image, Green Marketing Strategy, Dan
Emotional Desire Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mcdonald’s. Jurnal Ilmiah
Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 70-80.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i4.7240
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Siti Abdillah Nurhidayah, Dyah Putri Lestari, Gilang Kharisma Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SOLUSI Published by : Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan Semarang City, Central Java - Indonesia P-ISSN : 1412-5331 E-ISSN : 2716-2532 Email : solusi@usm.ac.id |