STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN SPAREPARTS MOBIL PADA CV. OTO ONDERDIL SEMARANG
Abstract
Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran pada CV. OTO ONDERDIL Semarang dengan menggunakan bauran pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari informan 7 kunci dan 3 informan pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang berkualitas baik dan terjamin dapat mendukung peningkatan penjualan pada CV. OTO ONDERDIL Semarang. Harga yang terjangkau dibandingkan toko yang lain dan memberikan garansi pembelian spareparts selama 1 hari dengan ketentuan kecuali barang elektronik (aki, pompa solar dan accu) dan nota pembelian tidak hilang dapat mendukung peningkatan penjualan pada CV. OTO ONDERDIL Semarang. Tempat yang strategis dekat dengan jalan raya dan depan Polsek Genuk dapat mendukung meningkatkan penjualan. Promosi mulut ke mulut secara langsung dan media sosial seperti facebook, instagram dan shopee yang baik dapat mendukung dalam meningkatkan penjualan pada CV. OTO ONDERDIL Semarang. Maka keempat komponen seperti produk, harga, tempat dan promosi dalam bauran pemasaran dapat meningkatkan penjualan produk spareparts CV. OTO ONDERDIL Semarang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
(n.d.). Retrieved from (n.d.). Retrieved from https://www.dataindustri.com/produk/tren-data-penjualan-mobil-di-indonesia/. Diakses pada 8 Maret 2023
(n.d.). Retrieved from (n.d.). Retrieved from https://www.sistertech.com/15/05/30-oto-onderdil-bengkel-mobil-semarang.htm. Diakses pada 8 Maret 2023
Abdillah, A. M., Nina, A. M., & Rizky, A. W. (2021). Reformulasi Strategi Pemasaran Bengkel Otomotif Menggunakan Metode SWOT dan QSPM. Jurnal Teknologi, 14 (2), 192-197.
Al-Bahra, Rokhmadi, & Yasin, E. (2021). Menentukan Strategi Pemasaran Perusahaan Menggunakan Analisis SWOT Pada Produk Alarm Mobil di PT. Mandiri Sentosa. Jurnal Teknik Industri, 8-17.
Andra, T. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta ; Penerbit Yogyakarta.
Andriani. (2019). Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan di Desa Tumokang. Administrasi Publik, Manado ; Universitas Sam Ratulangi.
Arifin, Z. (2019). Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung ; Remaja Rosda Karya.
Darsih. (2021). Strategi Promosi dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mobil Mitsubishi Pada PT. Lautan Berlian Utama Motor Lahat. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 7 (1), 79-93.
Dharmmesta, Basu, S., & Hani, H. (2018). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama; Cetakan Keempat, Yogyakarta; Penerbit : BPFE-YOGYAKARTA.
Fatimah, F., Mega, A. W., & Sodikin, M. F. (2021). Peran Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Peningkatakan Pangsa Pasar Pada BumDes. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7 (1), 49-58.
Hariwijaya, W., & Sudarmata. (2020). Bahasa Indonesia : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta ; Grasindo Gramedia Widiasarana.
Hartimbul, G. N. (2018). Manajemen Pemasaran. Bandung ; CV. Yrama Widya.
Hasan, A. (2019). Marketing. Yogyakarta ; Penerbit Media Utama.
Hasan, A. (2020). Word of Mouth. Jakarta ; Medpress.
Heizer, J., & Render, B. (2018). Manajemen Operasi. Edisi 11 ; Jakarta ; Penerbit Salemba Empat.
Helaluddin, & Hengki, W. (2019). Analisis Data Kualitatif : Sebuah Tinjauan Teori & Praktik . Makassar ; Sekolah Tinggi Theologia Jaffary Makassar.
Hellaludin, H. W. (2019). Analisis Data Kualitatif. Makassar ; Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Hendryadi, I. T., & Zannati, R. (2019). Metode Penelitian : Pedoman Penelitian Bisnis dan Akademik. Jakarta ; Lembaga Pengembangan Manajemen dan Publikasi Imperium (LPMP Imperium).
Hurriyati, R. (2020). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung ; Penerbit Alfabeta.
Keraf, G. (2018). Argumentasi dan Narasi. Jakarta ; Penerbit Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P., & Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing. Edisi Ke Tujuh ; Jakarta ; Penerbit Salemba Empat.
Laksana, M. F. (2019). Praktiks Memahami Manajemen Pemasaran.
Lawrence, J., & Glueck, W. F. (2019). Manajemen dan Strategis Kebijakan Perusahaan. Jakarta; Penerbit Erlangga .
Lupiyoadi, R. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Tiga ; Jakarta ; Penerbit Salemba Empat.
Marbun, N. J., Soni, F. M., & Yaumil, M. (2021). Strategi Pemasaran Alat Olahraga Toko Yonex Sport Di Kota Dumai. Jurnal Aplikasi Rancangan Teknik Industri.
Marpaung, F. (2022). Strategi Pengembangan Pemasaran Kawasan Sebagai Sebuah Wisata. Jurnal Bioterdidik, 3 (10), 19-27.
Moelong, L. (2018). Metode Penelitian Kualitatif . Bandung ; PT. Remaja Rosdakarya.
Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Yogyakarta ; Absolut Media.
Novitasari, & Nur, W. (2022). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Kendaraan Mitsubishi Pada PT. Borobudur Oto Mobil. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3 (11).
Nurfajriah, R., & Kristiana, W. (2020). Strategi Pemasaran Produk Wheater Strip Pada PT. Toyota Auto Body Tokai Extrusion Bekasi. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, 5 (1), 11-20.
Nurhadi. (2019). Manajemen Strategi Pemasaran Bauran (Marketing Mix). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 6 (2).
Patton, M. Q. (2018). Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta ; Pustaka Pelajar.
Pradana, W. I., & Sukaris. (2021). Strategi Pemasaran Pada PT. Prima Megah Irsa. Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan, 1 (2) . doi:http://dx.doi.org/10.30595/jmbt.v1i2.12665
Purwati, A. A., Reginus, F. M., & Muhammad, L. H. (2020). Strategi Pemasaran Jasa dan Kepuasaan Pelanggan Indihome PT. Telkom Indonesia. Jurnal Imiah Manajemen, 8 (1), 74-93.
Rangkuti, D. F. (2018). Manajemen Strategis. Jakarta; Penerbit Salemba Empat.
Rangkuti, D. F. (2020). Manajemen Strategi : Konsep-konsep. Edisi Kesembilan ; PT. Indeks ; Jakarta.
Ridwan, A. S. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS. Medan ; Tsmart.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung ; Peneribit Alfabeta.
Sunyoto, D. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Cetakan Ke-3; Jakarta; PT. Buku Seru.
Susan, G. (2020). Strategi Pelayanan Pelanggan. Jakarta ; Tugu Publisher.
Taan, H. (2021). Konsep Dasar Perencanaan Pemasaran Dan Proses Penyusunannya. Jurnal Manajemen, 5 (2).
Taylor, & Bogdan. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung ; Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran. Edisi Terbaru ; Yogyakarta ; Andi Offest.
Tjiptono, F., & Anastasia, D. (2020). Pemasaran. Yogyakarta; Penerbit ANDI.
Widyoko, E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta ; Pustaka Bajar.
Zein, A. (2018). Aplikasi Pemasaran dan Salesmanship. Jakarta ; Mitra Wacana Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i3.7234
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sylviana Caecaria Asyari, Erlina Dewi Endah Amaliyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SOLUSI Published by : Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan Semarang City, Central Java - Indonesia P-ISSN : 1412-5331 E-ISSN : 2716-2532 Email : solusi@usm.ac.id |