PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Nadila Alya Ayunani, Yanuar Varadina, Ayu Nurafni Octavia

Abstract


Perkembangan food and baverage semakin meningkat seiring bertambah tinggi tingkat persaingan, sehingga bagi para pebisnis dibidang food and baverage perlu untuk memperhatikan faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan konsumen. karena ketika konsumen merasa puas dengan sebuah produk dia akan kembali untuk membeli produk yang sama. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Populasi penelitian adalah para pelanggan di burjo titik kumpul semarang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non probability sampling, dengan menggunakan sampel sebanyak 80 responden untuk menjawab pernyataan pada kuesioner yang dibagikan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS, pengujian yang dilakukan diantaranya uji validitas dan uji reliabilitas, lolos uji asumsi klasik, uji t, uji simultan, dan terakhir uji koefesien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial adanya pengaruh kualitas produk  terhadap kepuasan pelanggan, harga berpengaruh  terhadap kepuasan pelanggan  dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. berdasarkan uji simultan variabel kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. berdasarkan uji koefisien determinasi variabel  kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 69,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Full Text:

PDF

References


Dayani, C. A. (2018). Analisis Implementasi Fungsi Menejemen Dalam Meningkatkan Kinerja Koperasi Syariah Al-Mawaddah Tulungagung. Institutional Repository Of Iain Tulungagung, 13. http://Repo.Iain-Tulungagung.Ac.Id/11437/7/Bab

Diasari, S. A., & Oetomo, H. W. (2016). Pengaruh Harga, Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(12).

Gofur, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37-44.

Hartanto, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Lingkungan Fisik Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi di De Mandailing Cafe Surabaya. Agora, 7(1), 2019.

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo

Irawan, Handi. (2021). Prinsip Kepuasan Pelanggan. Cetakan Kesembilan. PT.Elex Media Komputindo.

Muhidin, Sambas Ali, dan Maman Abdurahman. (2017). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian Dilengkapi dengan Aplikasi Program SPSS. Bandung: CV Pustaka Setia

Purwasih, R., Yuliana, Y., & Suyuthie, H. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan terhadap Kepuasan Pelanggan Di Kafe Batavia Padang. E-Journal Home Economic and Tourism, 16(1).

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2(2), 312-318. Press.

Santoso, I. (2016). Peran Kualitas Produk dan Layanan, Harga dan Atmosfer Rumah Makan Cepat Saji terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Teknologi 15 (1): 96-99

Sugiyono, (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta: ANDI.

Wati, A., & Daud, S. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Caffe Ayang Beib Steak Masa Pandemi Covid-19. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi, 1(4), 679-692.

Widiyanti, Satri Oktahirsa, Zakaria Wahab, Muchsin Saggaf (2021). the influence of product and service quality on the consumer satisfaction in PT Main Commercial Hospi Palembang Branch. SLOAP 4 (2).

Widodo, R. C. dan M. S. Shihab. (2016). Membangun Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Untuk Mendukung Word Of Mouth Melalui Kepuasan. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya 14 (1):

Zakaria, D. G., & Suwitho, S. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(4).




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i3.7079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nadila Alya Ayunani, Yanuar Varadina, Ayu Nurafni Octavia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id