PENGARUH WORD OF MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MS GLOW

SUDARMIN SUDARMIN

Abstract


Produk kecantikan atau perawatan kulit merupakan produk perawatan diri untuk meningkatkan rasa percaya diri, khususnya bagi masyarakat modern. Seiring waktu, perawatan kulit telah menjadi bagian penting dari kebutuhan pria maupun wanita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Word Of Mouth dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian produk MS Glow di Kota Semarang.

Jenis penelitian ini adalah Explanatory Research yaitu penelitian berdasarkan hubungan kausalitas antar variabel. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen MS Glow di Kota Semarang yang tidak diketahui jumlahnya, Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden menggunakan teknik pengambilan sampel non random sampling dengan metode purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Jenis data menggunakan data primer seperti wawancara, kuesioner dan sekunder seperti jurnal, buku. Pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS for windows versi18.

Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, variabel Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian MS Glow di Kota Semarang. Pengaruh dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian dalam penelitian ini adalah variabel Word Of Mouth. Terdapat nilai koefisien determinasi sebesar 15,1%, sedangkan sisanya dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Variabel Word Of Mouth dan Citra Merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.


Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. dan Biel A. L. (1993). Brand Equity & Advertising: Advertising's Role in Building Strong Brands. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Abdul Latief. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol.7, No.1.

Ali, (2020). “Marketing dari mulut ke mulut.” Yogyakarta: medpress.

Firmansyah, Anang. 2018. Perilaku Konsumen. CV Budi Utama. Yogyakarta.

Gifani, A., & Syahputra. (2017). "Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo pada Mahasiswa Universitas Telkom". Bisnis dan Iptek, vol. 10, no. 2, 81-94.

J. Setiadi, Nugroho. 2015. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Keller,”Strategic Brand Management Building Measuring and Managing Brand Equity”, 4th edition, Pearson Education, USA, 2013.

Kotler, P dan Keller, K,”Manajemen Pemasaran”, Edisi 12, Jilid 1. Terjemahan oleh Benyamin Molan, PT. Indeks, Jakarta, 2009.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kurniawati, Dewi, dkk. 2014, “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 14, No. 2.

Lesmana, R., & Ayu, S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pt Paragon Tehnology and Innovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 59. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i3.2830

Lubis, D. I., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman, Vol 5, No 1, pp 15-24.

Masturi & Hardini, (2017). Jurnal Ilmu Manajemen. Volume 13, No. 2, Juli 2017.

Palupi Robustin Tri, Anisatul Fauziah. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Masyarakat Di Kota Jember, Jurnal. Universitas Jember.

Saputra, Lyndon. (2014). Buku Saku Keperawatan Pasien dengan GangguanFungsi Kardiovaskuler. Tangerang Selatan: Binarupa Aksara Publisher.

Widyastuti, Sri. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu, (Jakarta: FEB-UP Press), hlm.161.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i3.6977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI: Journal of business and economic
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id