PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT INDOMARCO PRISMATAMA KECAMATAN PEDURUNGAN

Ali Nurdin, Febrian Valentino Eta Baskoro, Sulistyorini Sulistyorini

Abstract


Kepuasan kerja merupakan masalah yang menarik dalam manajemen organisasi karena memiliki dampak yang signifikan terhadap karyawan organisasi/perusahaan. Bagi karyawan, kepuasan kerja menimbulkan perasaan nyaman dalam bekerja. Adapun bagi perusahaan kepuasan kerja berguna dalam usaha meningkatkan produktivitas perusahaan. Kepuasan kerja mencerminkan sikap karyawan terhadap pekerjaannya, yang tercermin dalam sikap positif karyawan terhadap tempat kerja dan lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin kerja terhadap kepuasan kerja serta untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja. Kepuasan kerja adalah suatu perasaan yang menunjukkan tingkat kegembiraan atau emosional yang dirasakan karyawan atau bagaimana cara mereka memandang dan melakukan pekerjaan dalam aktivitas mereka yang berhubungan dengan situasi kerja, kerja sama antar karyawan, imbalan yang diterima dalam kerja, dan hal–hal yang menyangkut faktor fisik dan psikologis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel berjumlah 30 orang karyawan dengan teknik pengambilan sampel secara random menggunakan kuesioner. Penelitian ini akan diujikan pada karyawan PT Indomarco Prismatama Kecamatan Pedurungan. Variabel indepen yang akan diuji adalah disiplin kerja dan kompensasi. Sedangkan varaiable dependennya adalah kepuasan kerja. Pengaruh antar variable ini melalui persamaan regresi linier menggunakan menggunakan alat analisa SPSS.  Hasil olah data menggunakan SPSS menunjukkan bahwa variable dispilin kerja dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT Indomarco Prismatama Kecamatan Pedurungan.


Full Text:

PDF

References


Aidil Amin Effendy. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Disiplin KerjaTerhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Modernland Reality, TBK). Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia, 3(3).

Alvi Nugraha (2017). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi Vol. 3, No. 3, Desember 2017

Budi Hartono K. (2018). Pengaruh Kepuasan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening (Survai Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Wilayah Jakarta Barat). Jurnal Manajemen Maranatha, 17(2), 127-134.

Della Bonita. (2017). Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt. Royal Express Indonesia (Rex ) Palembang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Edison. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (Strategi dan. Perubahan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi). Alfabeta.

Elmi, F. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Mitra Wacana Media.

Firda, Rinaldi. (2022). Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT.Nikos Distribution Indonesia. Jurnal ekonomika, 1(5).

Herzensus. (2018). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Karyawan Sebagai Variabel Intervening Pada PT Bank Negara Indonesia Cabang Batam. 6(2)

Ida Ayu, dkk. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Karyawan Terhadap Kompensasi Yang Diberikan Perusahaan (Studi Kasus Di Perusahaan Kopi Banyuatis. Jurnal Kependudukan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, 8(2), 114-120.

I Gede Mahendrawan. (2017). Pengaruh Beban Kerja dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja PT. Panca Dewata Denpasar. Jurnal Manajemen Unud, 4(11), 3936-3961.

Jasman Saripuddin H. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Inovasi Produk Penelitian Pengabdian Masyarakat & Tantangan Era Revolusi Industri 4.0 Vol. 2 No. 1 Tahun 2019.

Komang Adi s. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Karyawan Dalam Menggunakan Uang Elektronik Kartu Flazz Bca Di Lingkungan Anantara Seminyak Resort Bali. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1).

Mamik Eko, dkk. (2018). Pengaruh Pelatihan, Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dan Kinerja Karyawan. Jurnal Profit, 7(1).

Muhamad Ekhsan (2019). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol.13 No.1 2019.

Muhammad Elfi Azhar (2020). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Humaniora, 4(1), 46-60.

Munparidi. (2020). Pengaruh Keterlibatan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 1(1), 36-46.

Nurmalisa, B., Surati., Furqan, L. M., (2019). Pengaruh Beban Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan Operasional Pengangkutan Sampah Dinas Kebersihan Kota Mataram). JMM Unram, 8(1), 86 - 100

Pandu Adi c, dkk. (2022). Pengaruh Pemberian Motivasi Pimpinan Terhadap Kualitas Kerja dan Kepuasan Karyawan Suatu Perusahaan: Sebuah Studi Literature. Management studies and entrepreneurshio journal, 3(4), 2908-2915.

Reny Veryani. (2018). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Divisi Produksi PT. Soljer Abadi. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akutansi, 2(2), 2018.

Ronna Yulia Wuwungan. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Cinemaxx Lippo Plaza Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 298 307.

Sangkot Nasution (2017). Variabel Penelitian. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA). Vol. 05, No. 02 Juli-Desember 2017.

Siti Fatimah. (2020). Pengaruh Stress Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Karyawan Pt. Sriwijaya Air Di Makassar. Movere Journal, 2(2), 89-92

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thinni Nurul, dkk. (2018). Penilaian Kepuasan Karyawan Pada Sistem Pengelolaan Organisasi Di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 180-188.

Yenis, Etty. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja, Kompensasi dan Pengembangan Karir Terhadap Kepuasan Kerja karyawan di PT. Kartika Buana Ayu (Gedung balai Kartini). Tesis. Universitas Mercu Buana Jakarta.

Indomaret Wikipedia Bahasa Indonesia, ensiklopedia https://id.wikipedia.org/wiki/ Indomaret. Diakses pada 12 Desember 2022




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i2.6423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI: Journal of business and economic
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id