ANALISIS PENGARUH HARGA, FASILITAS, PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PAND’S MUSLIM DEPARTEMENT SEMARANG

Maulana Teguh Adiatma, Kesi Widjajanti

Abstract


This study aims to determine the effect of price, facilities and promotions at Pand's Muslim Department Store Semarang.

The population of this study are consumers who buy products at Pand's Muslim Department Store Semarang. The sample used in this study was 96 respondents, the sample was taken using purposive sampling method. This study used quantitative research methods with data collection methods through questionnaires and data analysis using SPSS 25 which included validity tests, reliability tests, classic assumption tests which included data normality tests, multicollinearity tests, and heteroscedasticity tests, multiple regression analysis, hypothesis testing using test t and test R2 .

The results of this study indicate that all independent variables, namely price, facilities and promotions have a positive and significant effect on consumer satisfaction (Y). Based on the value that the value of the adjusted R square in the regression model was obtained at 0.156, which means that 15.6 percent of the consumer satisfaction variable can be explained by the price, facilities and promotion variables while the remaining 84.4 percent is explained by other variables outside this study.


Keywords


Price; Facilities; Promotion; Customer Satisfaction.

Full Text:

PDF

References


Apriyadi, D. (2017). Analisis Pengaruh Ketepatan Waktu, Fasilitas Dan Harga Tiket Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Di Stasiun Purwosari. Magistra, 29(99).

Arif Fakhrudin. (2021). “Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Di Bandar Udara Notohadi Negoro Jember. Jurnal Manajemen dan Keuangan

Cahyono, D. E. (2017). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Pelanggan Warnet Pada Warnet Blastnet Di Purworejo. Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatika, 1(1), 1-24.

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46.

Fachriza, F. I., & Moeliono, N. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Mild. Jurnal Ecodemica, 1(2), 2355-0295.

Hartadi Wijaya. (2018). “Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Sepeda Motor Sport Yamaha YZF-R25 di Kota Cilegon”. Jurnal Untirta

Iranita (2020). “Peranan Faktor Promosi Dalam Memasarkan Produk Terhadap Perilaku Pembelian Online Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kota Tanjungpinang)”. Jurnal Bahtera Inovasi Vol. 4 No. 1

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis harga Tiket dan fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Kusumowardhani, D. (2021). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Pendapatan Perusahaan Pada Pelayanan Laboratorium Kesehatan. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 23(1), 74-91.

Latief, A. (2018). Analisis pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap minat beli konsumen pada warung wedang jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90-99.

Mahira, M., Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1267-1283.

Mawarni, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada RSUD dr. R. Soetrasno Rembang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Semarang).

Nabila, A., & Widaningsih, S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Pada PT Intek Electrical Indonesia Area Sukabumi Tahun 2022. eProceedings of Applied Science, 8(5).

Nursal, M. F., Komariah, N. S., & Rianto, M. R. (2022). Pengaruh Money Saving, Time Saving, Pendapatan dan Lingkungan Sosial terhadap Keputusan Menggunakan Aplikasi Online Food pada Masyarakat Muslim di Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 1769-1775.

Pradita, K. D., Hartono, A., & Mustoffa, A. F. (2019). Pengaruh tekanan eksternal, ketidakpastian lingkungan, dan komitmen manajemen terhadap penerapan transparansi pelaporan keuangan. ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 3(2), 87-100.

Pratama, B. N. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Word Of Mouth (Studi Kasus Warung Spesial Sambal Cabang Bintaro 1) (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Rachmawati, D., Akbar, G. Y., & Udriyah, U. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Dealer Sentral Motor Yamaha Cabang Sukabumi. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(03), 347-352.

Ronsumbre, Telagawathi. (2019). Pengaruh Promosi dan E-Servqual Terhadap Kepuasan Pelanggan Berbelanja Online Di Shopee (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Tahun 2019)

Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114-126.

Siamena, E., Sabijono, H., & Warongan, J. D. (2017). Pengaruh sanksi perpajakan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Manado. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 12(2).

Sinaga, O. S., Putri, D. E., Banjarnahor, A. R., Halim, F., & Sudirman, A. (2020). Mampukah Citra Merek, Fasilitas dan Kepercayaan Meningkatkan Kepuasan Pengunjung Taman Hewan Kota Pematangsiantar. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(2), 151-157.

Sitepu, J. (2019). Analisis Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Hotel Berastagi Cottage Kec Merdeka Berastagi Kabupaten Karo (Doctoral dissertation, Universitas Quality).

Sudirman, A., Sherly, S., Butarbutar, M., Nababan, T. S., & Puspitasari, D. (2020). Loyalitas pelanggan pengguna gojek ditinjau dari aspek kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 63-73.

Tesar, M., & Suprihhadi, H. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Dan Promosi, Terhadap Kepuasan Pelanggan Layanan Gojek Di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(5).

Wahyuni, A. N., & Suryakusuma, K. H. (2018). Analisis likuiditas, solvabilitas, dan Aktivitas perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur. Jurnal Manajemen, 15(1), 1-17.

Yolanda dan Darmanitya Harseno Wijanarko. (2020). “Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Merek Aqua serta Implikasinya Terhadap Citra Merek di Fakultas Ekonomi Universitas Borobudur. Jurnal Manajemen FE-UB”

Yulianto, A. D. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kentucky Fried Chicken (KFC) Surabaya (Doctoral dissertation, STIE Perbanas Surabaya).




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i2.6354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maulana Teguh Adiatma, Kesi Widjajanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id