PERANAN MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. SANGO CERAMICS INDONESIA

Rika Selfiana, Kesi Widjajanti

Abstract


Motivasi berperan penting dalam meningkatkan kinerja karyawan pada PT. Sango Ceramics Indonesia. Motivasi merupakan serangkaian sikap dan nilai-nilai yang mempengaruhi individu untuk mencapai hal yang spesifik sesuai dengan tujuan individu. Faktor motivasi pegawai merupakan variabel yang sangat penting dan menentukan dalam pencapaian visi, misi dan tujuan suatu organisasi. Setiap orang yang bekerja mengharapkan memperoleh kepuasan dari tempatnya bekerja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana peranan motivasi dalam meningkatkan kinerja karyawan di PT. Sango Ceramics Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif deskriptif ini merupakan penelitian dengan jenis metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik triangulasi untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yang terdiri dari transkip data,kategori data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian wawancara mendalam ini adalah Kepala Personalia, Kepala Divisi Training and Development dan Manager Quality Control, HRD Supervisor dan Unit Manager Quality Control Process. Berdasar penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa peran motivasi pada PT. Sango Ceramics Indonesia sudah cukup baik dan terlaksana dengan baik. Peran tersebut meliputi menjadikan kebiasaan yang baik kepada karyawan, memperoleh tunjangan jabatan, memperoleh service yang baik, menghasilkan barang yang lebih baik dan mempunyai harapan yang ingin dicapai.


Full Text:

PDF

References


Agustini, T. (2021). Peranan Motivasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Pt. Mura Kristal Sriwijaya (Doctoral Dissertation, Universitas Tamansiswa Palembang).

Anastacia, D., Nasution, I., & Suharyanto, A. (2021). Peranan Motivasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Berbasis Kebutuhan. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 3(2), 176-184.

Anwari, N. (2022). Peran Motivasi Pimpinan Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Pegawai Kementerian Agama Kab. Kediri Terhadap Layanan Ptsp: Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Ampel Surabaya).

Barima, H., & Rusliana, I. (2022). Peran Motivasi, Gaya Kepemimpinan Dan Kepuasan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. Perwira Journal Of Economics & Business, 2(2), 19-34.

Darmawan, D. (2019). Peranan Motivasi Dan Kompetensi: Analisis Kinerja Pegawai Pemerintahan Daerah Kabupaten Paser. At-Tadbir: Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(2).

Febriyana, D., Lisa, L., Ciamas, E. S., Anggraini, D., & Hutabarat, F. A. M. (2021, November). Peran Motivasi Guna Meningkatkan Kinerja Karyawan Sempoa Sip Di Medan. In Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi-Sanistek (Pp. 113-117).

Iis, E. Y., & Yanita, Y. (2021). Peran Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Dalam Memediasi Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Bank Aceh Syariah Cabang Bireuen. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 22(1), 85-96.

Muhamad Hardik Rhysma, K. P. (2019). Peranan Dinas Perhubungan Bidang Kelautan Dalam Upaya Memperlancar Sistem Transportasi Laut Di Wilayah Karimunjawa. Karya Tulis.

Riswandie, D. (2021). Analisis Peranan Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Pt. Nadyatama Intan Nugraha Banjarbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan Mab).

Rulianti, E., Nurpribadi, G., & Amirudin, R. (2021). Peran Motivasi Dalam Memediasi Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(2), 963-973.

Sinaga, A. S., Kadir, A., & Mardiana, S. (2020). Peranan Motivasi Kerja Dalam Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Tanjungbalai Utara Kota Tanjung Balai. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(1), 89-97.

Suryawan, I. G. M. Y., & Suwandana, I. G. M. (2019). Peran Motivasi Kerja Dalam Memediasi Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(10), 6002.

Widayanti, W. (2021). Analisis Peranan Motivasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Pt. Mitra Teknik Sejati Electrindo Di Banjarmasin (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan Mab).

Wiradyatmika, A. A. G. A. (2022). Peran Motivasi Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Koperasi Di Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 5(1), 30-36.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i3.6331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rika Selfiana, Kesi Widjajanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI: Journal of business and economics
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id