Determinan Kinerja Keuangan (ROA) Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang dan Konsumsi

Wenny Ana Adnanti, Triani Triani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur sub sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017 sampai dengan 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan hubungan kausal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi pustaka dan dokumentasi. Sumber data berasal dari data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur sub sektor barang konsumsi yang telah dipublikasikan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur sub sektor barang konsumsi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 13 (tiga belas) perusahaan manufaktur sub sektor industri barang konsumsi dengan tahun penelitian selama 5 (lima) tahun sehingga total sampel yang digunakan sebanyak  65 (enam puluh lima) sampel. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat analisis SPSS untuk mengolah data sekunder dari publikasi laporan keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan dan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur sub sektor industri barang dan konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2017 sampai dengan 2021.


Full Text:

PDF

References


Amilia,S dan Asmara,M.O. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol.6, No.1.

Anjani,R.F. dan Siregar,S. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Terhdap Keputuan Pembelian Produk Multivitamin ENERVON-C Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) Vol. 5 No. 3,

Arianto,N. dan Difa,S.A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT NIRWANA GEMILANG PROPERTY . Jurnal Disrupsi Bisnis: Vol. 3, No.2

Arifin, I.V.Z. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Program Studi Adminitrasi Bisnis Fakultas Ilmu Adminitrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 Dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-Brayar Simpati). Jurnal Admintrasi Bisnis (JAB), Vol. 51, No.1.

Darmansa,A. dan Yosepha,S.Y. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Presepsi Harga erhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Shopee di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsruya, Vol.1, No.1.

Deisy,M. dkk. (2018). Analisi Citra Merek, Harga dan Kulitas Trhadap Keputusan Pembelian Handpone SAMSUNG pada Seluruh Gerai-Gerai Seluler di IT Center Manado. Jurnal EMBA Vol.6 No.4.

Fatmaningrum,S.R., dkk. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Imiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Akutansi) Vol.4 No.1.

Miati,L.(2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada konumen Gea Fashion Banjar). Jurnal Abiwira, Vol.1, No.2.

Nasution,A.E., dkk. (2019). Analisis Pengauh, Harga, Promosi, Kepercyaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan.

Pratimi, dkk. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda SCOOPY pada PT MERTHA BUANA MOTOR SINGARAJA. Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol.2 No.1.

Puspita, Y.D. dan Rahmawan,G. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier. Jurnal Sinar Manajemen, Vol.8, No.2.

Ramadhani, D. dan Panglipurningrum, Y.S. (2021). Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Membeli Mie Instan Merek Indomie di Desa Kemiri KecamatanKebakramat Kabupaten Karanganyar. Jurnal Akutansi dan Keuangan, Vol.6, No.1.

Rosita,I.S. (2017). Pengaruhh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pmebelian Konsumen (studi kasus pembelian online produk T-shirt samesame clothing. Jurnal Manajemen dan bisnis (ALMANA) Vol.1 No.3.

Suprano dan Hermiati, N.F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pelita Ilmu, Vol.15 No.1.

Supu, L.P.,dkk. (2021). Pengaruh Harga Produk, Promosi, dan Kulitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Smartphone SAMSUNG di Kota Medan. Jurnal EMBA Vol.9 No.3




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i1.6294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.