Penerapan Teknologi Informasi dan Profesionalisme dalam Meningkatkan Kinerja Auditor KAP Kota Semarang

Edi Setiyono, Widaryanti Widaryanti

Abstract


Selain perkembangan teknologi yang semakin pesat, perkembangan pasar modal di Indonesia tiap tahunnya meningkat. Hal ini berdampak dalam permintaan akan audit laporan keuangan. Pada perusahaan besar yang sudah go public, memiliki kewajiban untuk menyampaikan serta melaporkan laporan keuangan yang disusun sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang sudah diaudit oleh akuntan publik yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Auditor independen di Kantor Akuntan Publik sangat dituntut untuk memperhatikan dan menjunjung tinggi kode etik yang berlaku dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Hal ini disebabkan karena profesi tersebut sangat erat hubungannya dengan berbagai tindakan kecurangan dan kesalahan yang menyebabkan pelanggaran kode etik. Kinerja auditor dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor pertama yang dapat mempengaruhi kinerja auditor adalah penerapan teknologi informasi.  Selain penerapan teknologi informasi, faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja auditor adalah profesionalisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknologi informasi dan profesionalisme terhadap kinerja auditor. Populasi dalam penelitian ini adalah Kantor Akuntan Publik di Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sensus dan jumlah sampel sebanyak 76 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Penelitian ini menggunakan kuesioner dalam pengumpulan datanya. Teknik uji yang dipakai adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan metode linier berganda dengan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor. Sedangkan profesionalisme tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor.


Full Text:

PDF

References


Alfianto, S., & Suryandari, D. (2015). Pengaruh Profesionalisme, Komitmen Organisasi Dan Struktur Audit Terhadap Kinerja Auditor. Accounting Analysis Journal, 4(1), 1 9. https://doi.org/10.15294/aaj.v4i1.7732

Allo, Y. T., Paranoan, A., & Marewa, Y. B. (2018). Penggunaan Teknologi Informasi dan Kinerja Auditor. Jurnal Akun Nabelo: Jurnal Akuntansi Netral, Akuntabel, Objektif, 1(1), 59 72.

Anggreni, N. W. D., & Rasmini, N. K. (2017). Pengaruh pengalaman auditor dan time budget pressure pada profesionalisme dan implikasinya terhadap kinerja auditor. E-Jurnal Akuntansi, 18(1), 1 31.

Cahyani, K. C. D., Purnamawati, I. G. A., Herawati, N. T., & AK, S. E. (2015). Pengaruh etika profesi auditor, profesionalisme, motivasi, budaya kerja, dan tingkat pendidikan terhadap kinerja auditor junior (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Bali). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 3(1).

Dessler, G. (2015). Manajemen sumber daya manusia.

Gautama, I., & Arfan, M. (2010). Pengaruh Kepuasan Kerja, Profesionalisme, Dan Penerapan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Auditor (Studi Pada Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Aceh). Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi, 3(2), 195 205.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS; Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS, 19.

Handayani, R. (2013). Yusrawati. 2013. Pengaruh Profesionalisme, Komitmen Organisasi dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Internal Auditor pada Bank Mandiri Medan. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akutansi I, 21(2), 57 72.

Harymawan, I., Prabhawa, A. A., Nasih, M., & Putra, F. K. G. (2021). Risk Management Committee, Auditor Choice and Audit Fees. Risks, 9(9), 156.

Marito, R. C., & Prasetya, E. R. (2019). Pengaruh Kecakapan Profesional, Pendidikan Berkelanjutan Dan Independensi Pemeriksa Terhadap Kualitas Hasil Pemeriksaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, 7(2), 159 172.

Mulyadi, R. (2017). Pengaruh Karakteristik Komite Audit Dan Kualitas Audit Terhadap Profitabilitas Perusahaan. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 4(2).

Nasir, A., Ramadika, A. P., & Wiguna, M. (2014). Pengaruh Role Stress, Gender, Struktur Audit dan Profesionalisme terhadap Kinerja Auditor Bpk-ri Perwakilan Provinsi Riau. Riau University.

Putra, D. S. T., & Muid, D. (2012). Pengaruh independensi, mekanisme corporate governance, kualitas audit, dan manajemen laba terhadap integritas laporan keuangan. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Putri, K. M. D., & Suputra, I. D. G. D. (2013). Pengaruh Independensi, Profesionalisme, dan Etika Profesi terhadap Kinerja Auditor pada Kantor Akuntan Publik di Bali. E-Jurnal Akuntansi, 4(1), 39 53.

Siagian, F. T., & Tresnaningsih, E. (2011). The impact of independent directors and independent audit committees on earnings quality reported by Indonesian firms. Asian review of Accounting.

Wulandari, R., & Prasetya, E. R. (2020). Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Auditor. EkoPreneur, 1(2), 202. https://doi.org/10.32493/ekop.v1i2.5264




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i1.6293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.