PENGARUH DIGITAL MARKETING, KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN KONSUMEN BATRISYIA HERBAL

Dedek Uyun Apriliani, Shinta Eka Kartika, Arini Asma Nadiya

Abstract


Dunia skincare semakin hari semakin meningkat dengan adanya perkembangan teknologi dan varian yang lebih modern, sehingga membuat peningkatan daya beli banyaknya brand skincare lokal di indonesia, membuat Batrisya herbal melakukan berbagai macam cara untuk mengkomunikasikan produknya kepada para konsumen sehingga nantinya mereka memiliki kepuasan tersendiri pada produk yang ditawarkan Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh digital marketing, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada produk Skincare Batrisyia Herbal. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling yaitu metode berdasarkan kriteria dengan jumlah sampel sebesar 96 responden. Teknik pengumpulan data pada penilitian ini menggunakan kuesioner menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif melalui uji regresi linier sederhana sebagai perhitungan uji statistik. Hasil penelitian ini dapat diidentifikasi bahwa uji determinasi menunjukan bahwa variasi pada variabel dependen kepuasan konsumen dapat dijelaskan sebesar 56% dan sisanya 44% dipengaruhi variabel lainnya serta uji hipotesis pertama, terdapat pengaruh signifikan antara hubungan digital marketing terhadap kepuasan konsumen. Kedua, terdapat pengaruh signifikan antara hubungan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen dan ketiga, terdapat pengaruh signifikan antara hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen variable-variabel bebas dalam penelitian ini (digital marketing, kualitas produk dan kualitas pelayanan) secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen pada produk Skincare Batrisyia Herbal.
Kata Kunci : Digital Marketing; Kualitas Produk; Kualitas Pelayanan;
Kepuasan Konsumen


Full Text:

PDF

References


Aditia, A. R. R., Wadud, M., & DP, M. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor NMAX pada PT Yamaha A. Rivai Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(01), 23-37.

Ammerin, T. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada Klinik Kecantikan Nadindra di Bandar Lampung.

Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603-612.

Kotler, Philips. (2005). Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT. Indeks

Kotler, Philips dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT. Indeks

Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi ke tujuh. Jakarta: Penerbit Salemba empat

Lestari, F. A. P. (2018). Pengaruh Web E-Commerce, kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen. Sosio e-kons, 10(1), 87-95.

Maramis, FS. Jantje L Sepang. Agus Soegoto. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA riset ekonomi, manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol. 6 No.3

Muiz, M., Rachma, N., & Slamet, A. R. (2019). Pengaruh Sales Promotion dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pembelian Ulang di Mediasi Variabel Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen GrabBike Online di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(10)

Ni Putu Mira Dwi Astuti, I Komang Mahayana Putra, Kasiani, Cokro Gede Putra Yudistira dan I Made Widiantara. 2020. Implikasi penerapan Custumer Relatinship Marketing dan Digital Marketing Terhadap Kepusan Konsumen Pada PT. Garuda Angkasa Joumpa Denpasar. Jurnal Umnas Mataram, No. 1, Vol. 14, 506-514.

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265-289.

Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh Digital Marketingterhadap Organizational Performance Denganintellectual Capital Dan Perceived Qualitysebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Tiga Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101-112.

Purwasih, Yuliana dan suyutie. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan karyawan terhadap kepuasan pelanggan di kafe Batavia padang, e journal home economic and tourism, 16(1)

Puspitasari, A. N., dan Ferdinand, A. T . (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas 3 Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Mendorong Minat Beli Ulang (Studi pada Pengguna Nokia di Semarang)

Rahmadani, F., Suardana, I. M., & Samudra, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada UD. Eva Group Mataram. Valid Jurnal Ilmiah, 16(1), 123-135

Rahman, Siskawati (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan inovasi terhadap kepuasanpelanggan pada PT. PLN (persero) area manado. Jurnal EMBA riset ekonomi, manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol. 7 No.1

Rizky Edrian Pratama dan Suryono Budi Santosa. (2021). Meningkatkan minat pembelian ulang dengan melakukan promosi penjualan di Instagram melalui kepuasan konsumen. Repofeb undip

Yola, Novianti dan Tiurniari Purba (2020). Pengaruh kualitas produk, brand image, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada produk kosmetik wardah. Jurnal ilmiah maksitek 5 (2). 35-46




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i1.6287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.