REBRANDING DAN UPAYA PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN

Murwanto Haris, Dian Indriana Tri Lestari

Abstract


Pasca pandemi Covid-19 telah terjadi pergeseran perilaku masyarakat secara umum, termasuk perilaku konsumen yang disebabkan pembatasan kegiatan masyarakat secara global selama lebih dari 2 tahun. UMKM sebagai salah satu yang terkena dampak paling berat, harus dapat segera menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi, rebranding adalah salah satu pilihan terbaik agar dapat menempatkan kembali perusahaannya pada posisi yang tepat dan dapat membantu keluar dari krisis, sesuai tujuan dari rebranding. Rebranding dapat meningkatkan brand equity, yaitu nilai merek dimata konsumen, dengan demikian sangat perlu meningkatkan brand equity, yang pada akhirnya dapat membantu mengembalikan loyalitas pelanggan dan bahkan dapat menambah pelanggan baru. Proses relaunching yang dilakukan dengan efektif dapat tersampaikan dengan utuh kepada publik dengan cara publikasi melalui media online dikarenakan saat ini hampir semua orang sudah memiliki perangkat pribadi dan paham media online, sehingga relaunching dapat tersampaikan secara langsung. Dengan rebranding yang dilakukan, sesuai tujuannya, maka diharapkan loyalitas pelanggan dapat terjaga dan ditingkatkan bahkan dapat menarik pelanggan baru.

Kata Kunci :

Rebranding; Brand Equity; Loyalitas Pelanggan


Full Text:

PDF

References


Alexandra, A. A., & Jaelani, E. (2019). Pengaruh Rebranding Aplikasi Mandiri Online Terhadap Brand Equity pada Pengguna Aplikasi Mandiri Online. JSMA (Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi), XI(2), 87 107.

Apriliani, R. A. E. (2019). Pengaruh Brand Trust, Brand Equity dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Teh Botol Sosro di Wonosobo). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 112 121. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i2.687

Ariano, M. (2017). Pengaruh Rebranding Dan Repositioning Terhadap Brand Equity Smartphone Microsoft Lumia. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1453.

B ¤ck, L., Ingman, E., Lalwani, D., M ¼ller, M., S ¸rensen-, C., B ¤ck, L., Ingman, E., Lalwani, D., M ¼ller, M., & S ¸rensen-behm, C. (2018). Digital Brand Management: A Company and Consumer Perspective Digital Brand Management : A Company and Consumer Perspective. Arcada Working Papers, 1, 1 28. https://www.theseus.fi/handle/10024/141477

Christyawan, H., & Sukresna, I. M. (2020). Peningkatan Brand Satisfaction dan Brand Trust Berbasis Brand Value Terhadap Brand Loyalty (Studi Pada Pengguna Apple Iphone Di Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XIX (2), 75 91.

CNNIndonesia. (2021). KAI Ganti Logo Baru Demi Transformasi Bisnis. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201002211035-92-553891/kai-ganti-logo-baru-demi-transformasi-bisnis

Edelman, D. C. (2010). BRANDING IN THE DIGITAL AGE. (cover story). Harvard Business Review, 22(3), 14. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true%7B&%7Ddb=bth%7B&%7DAN=4467637%7B&%7Dsite=ehost-live

Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148 159. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941

Hadi, S. (1981). Metodologi Research : Untuk Penulisan Paper, Skripsi, Thesis dan Desertasi (XI). Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM Yogyakarta.

Haigh, D. (2021). Indonesia 100 2021, The Annual Report on The Most Valuable and Strongest Indonesian Brand. September. Brandfinance.com

Hidayat, D. R., & Peridawaty. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 1(1), 16 27. https://doi.org/10.52300/jmso.v1i1.2370

Ikhlas, G. R., & Syahputra. (2021). PENGARUH CORPORATE REBRANDING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN GOJEK INDONESIA THE EFFECT OF CORPORATE REBRANDING ON CONSUMER LOYALTY Logo Lama Logo Baru Slogan Lama Slogan Baru. 8(5), 5814 5822.

Kurniaputri, M. (2019). Ternyata Ini Alasan Kentucky Fried Chicken Mengganti Namanya Jadi KFC. https://food.detik.com/info-kuliner/d-4492545/ternyata-ini-alasan-kentucky-fried-chicken-mengganti-namanya-jadi-kfc

Munawar, N. A., & Ali, H. (2017). Membangun Brand Equity: Analisis Marketing Mix. Jurnal SWOT, VII (3), 572 587. www.bisnis.com

Prakoso, J. P. (2021). 48, 6 Persen UMKM Tutup Sementara, Pemerintah Lakukan Langkah Ini. https://ekonomi.bisnis.com/read/20210430/9/1388700/486-persen-umkm-tutup-sementara-pemerintah-lakukan-langkah-ini

Putri, A. V., & Irwansyah. (2020). MARKETING AND ADVERTISING STRATEGY IN ACHIEVING THE TOP OF MIND (SAMSUNG BRAND CASE STUDY). Profetik: Jurnal Komunikasi, 13(2), 290. https://doi.org/10.14421/pjk.v13i2.1935

Putri, F. A., Sumartias, S., & Sjoraida, D. F. (2018). Proses Rebranding Mal Grand Indonesia Oleh Departemen Marketing Communication PT Grand Indonesia. PRofesi Humas: Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 2(2), 102. https://doi.org/10.24198/prh.v2i2.9063

Rohmawati, T., Selvia, E., Monica, E., Welizaro, R., & Saputra, H. (2021). Teknologi pemasaran digital untuk branding. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(3), 638. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i3.479

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

Santoso, P. Y., & Toruan, R. M. R. L. (2018). STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM REBRANDING HSBC INDONESIA UNTUK MEMBENTUK BRAND AWARENESS. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 1 14. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/pustakom.v1i1.512

Supyansuri, C., Jamiat, N., & Rahmanesa, A. (2019). Proses Rebranding Usaha Transportasi Darat pada Perum Damri. Atrabis, 5(1), 41 65. https://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/230

Surono, A., Pramudya, B. P., & Anshari, A. S. (2021). Rebranding UMKM Kafe Kopiright Malang Berbasis Analisis Swot, Untuk Meningkatkan Brand Awareness. SAINSBERTEK Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi, 2(1).

Swasty, W., & Utama, J. (2017). Warna sebagai Identitas Merek pada Website. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 3(01), 1 16. https://doi.org/10.33633/andharupa.v3i01.1294

Tjiptono, F. (2011). Manajemen dan Strategi Merek. Andi Offset.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek, (2001).




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i1.6125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.