PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG

Yogi Prima Putra, Diba Ulfiya, Masine Slahanti

Abstract


Perkembangan teknologi yang sangat pesat, membuat hampir seluruh aktivitas dapat dilakukan melalui smartphone. Smartphone dari tahun ketahun terus berkembang, setiap perusahaan yang memproduksi smartphone harus bisa bersaing dalam perebutan pasar. Samsung merupakan salah satu perusahaan pembuat perangkat elektronik terbesar di dunia, namun Samsung belum mampu mempertahankan persaingan dalam rangka mengenal kebutuhan dan keinginan konsumen dibanding perusahaan sejenis.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone samsung, pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian smartphone samsung, dan pengaruh harga terhadap keputusan pembelian smartphone samsung. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner dengan skala likert, dengan jumlah responden 80 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel digunakan metode non probablility sampling dengan purposive sampling dengan menggunakan bantuan software SPSS 24. Analisis menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji T dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator variabel yang diteliti telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas, kemudian varibel penelitian telah lolos uji asumsi klasik, dan pada pengujian parsial (uji t) didapatkan hasil hipotesis 1 diterima kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone samsung, hipotesis 2 diterima promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone samsung, dan hipotesis 3 diterima harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone samsung

Keywords


Product Quality; Promotion; Price; Purchasing Decisions.

Full Text:

PDF

References


Anam, Muhammad Syariful. Dian Luthvita Nadila, Tara Ayu Anindita, Rina Rosia. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand And Body Lotion Merek Citra. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah, 4(1), 120-136. Doi: 10.36778/Jesya.V4i1.277

Andis, A., Risal, M., & Usman, H. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung Pada Toko Centro Palopo. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 5(1), 25-31.

Armayani, A., & Jatra, I. M. (2019). Peran Brand Image Memediasi Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 8(8), 5222-5239.

Darma, N. N. G. G., & Hartati, P. S. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Oppo pada Gerai Handphone Shop di Gianyar. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Parwisata, 1(1), 349-361.

Febriana, Pitria (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Lazizaa Chicken And Pizza Di Jambangan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn) Vol 8 No.1

Fera, F., & Pramuditha, C. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Di Kota Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(1), 1-13.

Fitriasshinta Dita, Tina Melinda. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen King Telur Asin. Journal Of Management And Business Review 15(2):219-234. Doi:10.34149/Jmbr.V15i2.127

Ghozali, Imam (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23. Semarang : Badan Penerbit UNDIP

Habibah Ummu Dan Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. Vol 01 No 01. Doi: Https://Doi.Org/10.1234/Jeb17.V1i01.635

Hadi, A. V., & Prabowo, R. E. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Kota Semarang. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 540-548.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks

Larassati Pratiwi Supu, Bode Lumanauw, Jane Grace Poluan (2021). Pengaruh Harga Produk, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Smartphone Samsung Di Manado. Jurnal Emba : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. Vol. 9 No. 3.

Marpaung, F. K., Simarmata, M. W. A., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen indomie pada PT. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 1(1), 49-64.

Siahaan, S. D. N., & Putriku, A. E. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(2), 31-35.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, R. (2021). Pengaruh Harga dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo di Tangerang Selatan. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 7(4), 450-457

Tjiptono, Fandy . (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Andi Offset : Yogyakarta.

Widia, Nani Dan Wahyu Nurul Faroh (2021). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Pada Outlet Happy Cell Pamulang. Jurnal Perkusi: Pemasaran, Keuangan Dan Sumber Daya Manusia Vol. 1 No. 4

Zahra. Surti, Nugrahini Kusumawati, Mamay Komarudin, Wahyu Widodo, Nia Nuraeni (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahaan Ciujung Indah. Yudishtira Journal: Indonesian Journal Of Finance And Strategy Inside Vol. 2 No 3 (369-378).




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i1.6068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yogi Prima Putra, Diba Ulfiya, Masine Slahanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id