PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN INDOMIE DI SEMARANG

Rizky Agung Wicaksono, Ayu Nurafni Octavia, Moch Saiful Aprianto

Abstract


Penelitian ini akan bertujuan untuk menguji pengaruh variabel-variabel independent yakni harga, kualitas produk dan citra merek terhadap variabel dependen keputusan pembelian mie instant Indomie. Lokasi penelitian dilakukan di Univeristas Semarang dengan obyek penelitian adalah pada mahasiswa reguler kelas pagi fakultas ekonomi. Data dikumpulkan melalui metode pembagian kuesioner dengan menggunakan teknik purpose sampling. Kuesioner dibagikan kepada 96 responden yang pernah melakukan pembelian pada Indomie lebih dari tiga kali dalam satu bulan. Data hasil penyebaran kuesioner akan diolah menggunakan alat analisa software SPSS. Hasil dan uji analisis kuantitatif yang dipilih meliputi uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t, serta analisis koefesien determinasi (R2). Hasil olah data menunjukkan bahwa seluruh keseluruhan butir indikator yang digunakan dalam penelitian ini lolos dalam uji validitas dan dinyatakan valid. Hasil uji untuk keseluruhan variabel dari kuesioner adalah reliabel sehingga variabel-variabel tersebut layak untuk digunakan sebagai alat ukur. Dari hasil penelitian dan hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:  terdapat pengaruh secara positif dan signifikan dari variabel harga terhadap keputusan pembelian  mie instan Indomie. Terdapat   pengaruh   secara   positif   dan   signifikan   dari   variabel   kualitas produk terhadap keputusan pembelian  mie instan Indomie. Terdapat   pengaruh   secara   positif   dan   signifikan   dari   variabel   citra merek terhadap keputusan pembelian  mie instan Indomie.  

Kata Kunci:

Harga; kualitas produk; citra merek; keputusan pembelian


Full Text:

PDF

References


Amilia,S dan Asmara,M.O. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol.6, No.1.

Anjani,R.F. dan Siregar,S. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Terhdap Keputuan Pembelian Produk Multivitamin ENERVON-C Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) Vol. 5 No. 3,

Arianto,N. dan Difa,S.A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis: Vol. 3, No.2

Arifin, I.V.Z. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Program Studi Adminitrasi Bisnis Fakultas Ilmu Adminitrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 Dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-Brayar Simpati). Jurnal Admintrasi Bisnis (JAB), Vol. 51, No.1.

Darmansa,A. dan Yosepha,S.Y. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Presepsi Harga erhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Shopee di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsruya, Vol.1, No.1.

Deisy,M. dkk. (2018). Analisi Citra Merek, Harga dan Kulitas Trhadap Keputusan Pembelian Handpone SAMSUNG pada Seluruh Gerai-Gerai Seluler di IT Center Manado. Jurnal EMBA Vol.6 No.4.

Fatmaningrum,S.R., dkk. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Imiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Akutansi) Vol.4 No.1.

Miati,L.(2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada konumen Gea Fashion Banjar). Jurnal Abiwira, Vol.1, No.2.

Nasution,A.E., dkk. (2019). Analisis Pengauh, Harga, Promosi, Kepercyaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan.

Pratimi, dkk. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda SCOOPY pada PT Mertha Buana Motor Singaraja. Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol.2 No.1.

Puspita, Y.D. dan Rahmawan,G. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier. Jurnal Sinar Manajemen, Vol.8, No.2.

Ramadhani, D. dan Panglipurningrum, Y.S. (2021). Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Membeli Mie Instan Merek Indomie di Desa Kemiri KecamatanKebakramat Kabupaten Karanganyar. Jurnal Akutansi dan Keuangan, Vol.6, No.1.

Rosita,I.S. (2017). Pengaruhh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pmebelian Konsumen (studi kasus pembelian online produk T-shirt samesame clothing. Jurnal Manajemen dan bisnis (ALMANA) Vol.1 No.3.

Suprano dan Hermiati, N.F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pelita Ilmu, Vol.15 No.1.

Supu, L.P.,dkk. (2021). Pengaruh Harga Produk, Promosi, dan Kulitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Smartphone Samsung di Kota Medan. Jurnal EMBA Vol.9 No.3




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i1.6064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.