PENGARUH CITRA MEREK, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG

Selia Najmun Nayiroh, Scorina Dwiantari, Muhammad Rizaldi Alal Fala, M Fika Azam Naziha

Abstract


Alat komunikasi pada saat ini merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. smartphone bukan merupakan barang yang mewah lagi bagi masyarakat pada saat ini, masyarakat lebih menyukai smartphone karena mudah dibawa dan dapat digunakan kapanpun. Salah satu merek smartphone yang banyak dikenal masyarakat adalah Samsung, namun Samsung harus bisa bersaing dengan merek lain yang menawarkan kualitas bagus, selalu memberikan promo dan citra merek yang baik, untuk itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung, Promosi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung, kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. Populasi Penelitian adalah mahasiswa Universitas Semarang yang pernah membeli smartphone samsung. Dengan menggunakan metode purposive sampling maka didapatkan Jumlah sampel sebanyak 96 Responden. Teknik Pengumpulan Data Yang digunakan data Primer dengan kuesioner, data diolah dengan bantuan SPSS 23. Metode analisis pada Penelitian ini adalah Analisis regresi Linier Berganda, dengan lolos Uji Validitas, Uji reliabilitas, uji asumsi klasik, kemudian untuk menguji hipotesis digunakan uji t, uji f dan terakhir uji determinasi. Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa hipotesis 1 diterima Citra Merek Berpengaruh Posistif Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung, hipotesis 2 diterima, Promosi Produk Berpengaruh Posistif Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung, hipotesis 3 diterima Kualitas Produk Berpengaruh Posistif Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung.
Kata Kunci:
Citra Merek; Promosi; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Fandi Tjiptono, Gregorius Chandra dan Dedi Adriana, (2008). Pemasaran Strategik, Penerbit Andy: Jakarta.

Fera, F., & Pramuditha, C. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Di Kota Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(1), 1-13.

Fredy Wijaya (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di di Surabaya

Ghozali, Imam (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPPS. Edisi kesembilan . Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro .

Hafid Okta Wibowo, Saptani Rahayu, (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian . Jurnal Manajemen , Bisnis Dan Pendidikan STIE Adi Unggul Bhirawa . Surakarta.

Haloho, E., Idahwati, & Harefa, H. S. (2021). Pengaruh Faktor Responsiveness Dan Tangibles Terhadap Kepuasan Pemustaka Pada Perpustakaan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 74-88.

Hamdalah , Rima Safitri (2018). Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Helm KYT (Studi Kasus Pada Mahsiswa Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman samarinda Periode 2014-2016 ) E-jurnal Administrasi Bisnis ,Vol 6 No 1 Hal 229-241

Harefa, H. S., Damanik, M. J., Siagian, E., & Haloho, H. (2022). Analisis Perlindungan Hak Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Lazada (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Univeristas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Manajemen dan Akuntansi Medan, 85-94.

Indah, Dewi Rosa, Iza Afalia dan Zenitha Maulida. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk hand and body lotion Vaseline. Jurnal Samudra ekonomi dan bisnis. Vol 11 no 1

Krisnawati, Novik. (2017). Pengaruh kualitas produk, harga dan pelayanan terhadap loyalitas konsumen dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening studi pada pengguna sepatu bata si semarang. Udinus Repository

Lubis, Desi Irana dan Rahmad Hidayat. (2017). Pengaruh citra merk dan harga terhadap keputusan pembelian pada sekolah tinggi ilmu manajemen sukma medan. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol 5, No 1.

Marpaung, F. K., Simarmata, M. W. A., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen indomie pada PT. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 1(1), 49-64

Nadhril adabi (2020). Pengaruh Citra Merek , Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Indihome di Witel Telkom Depok. Jurnal Manajemen , Vol 12 , Universitas Muhammadiyah

Paludi, Salman dan Rahmah juwita. (2021). Pengaruh harga, lokasi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal penelitian Pendidikan dan ekonomi. Vol 18, No 1

Rachmawati, et al, (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab di Nadira Hijab Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2).

Rizky Darmawan Muhammad, Yohanes Ferry Cahaya, Annathasia Puji Erasashanti (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Raket Yonex Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi, dan Manajemen TRI BISNIS, Vol 2, No 2.

Rizky Syamsidar, Euis Soliha (2019). Kualitas Produk , Persepsi harga ,citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian. jurnal bisnis dan ekonomi . fakultas Ekonomika dan bisnis Universitas Stikubank . Semarang .

Saputra, S., Hidayat, K., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 50(6), 85 95.

Sugioyono (2018), metode penelitian manajamen ,Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i1.6060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.